Selasa, 11 Januari 2011



DAUN KETUMBAR
Anda dan keluarga suka tom yam ? kalau ya berarti anda pasti tak asing dengan yang namanya daun ketumbar, karena tom yam tanpa daun ketumbar bukan tom yam dong. Tapi mungkin saat anda kepingin memasak tom yam atau masakan lain yang tercantum daun ketumbar di dalam resepnya ternyata anda tidak memiliki / tidak dapat memperoleh daun ketumbar. Karena itu alangkah baiknya jika anda menanamnya agar memiliki persediaan setiap saat. Tanaman ketumbar untuk konsumsi sendiri anda tidak perlu menyediakan tempat khusus atau luas, anda bisa menanamnya di pot kecil, polybag kecil atau bahkan kaleng kecil dan botol plastik bekas minuman kemasan tentunya di sesuaikan dengan keinginan anda sehingga memudahkan anda menaruhnya di mana saja asalkan masih ada cahaya matahari misalnya di dekat jendela dapur tapi tentu saja jangan taruh terlalu dekat dengan kompor.
Lantas darimana saya dapatkan bibitnya ? pasti itu pertanyaan anda.
Jawabannya pasti mencari alias membelinya, bisa anda cari di penjual bibit tanaman atau bahkan anda bisa membelinya online di internet. Atau mungkin jika anda di kota besar cukup beruntung menemukannya daun ketumbar yang ada masih akarnya untuk ditanam di supermarket bagian sayuran. Kalau tidak ya anda mulai dari awal dengan biji ketumbar yang masih baru panen untuk meningkatkan keberhasilan tumbuhnya.
Nah setelah anda mendapatkan benihnya, siapkan wadahnya isi dengan tanah yang subur / gembur sisakan 1-2 cm dari pinggir atas wadah agar tanah tidak tumpah/terhambur. Lalu tanam dengan posisi biji ketumbar terbaring dengan kedalaman kurang lebih 1/2 sampai 1 cm. Taruh di tempat teduh. Siram 2 x sehari, untuk penyiraman bibit disarankan menggunakan sprayer agar mudah mengontrol penyiraman. Biasanya benih akan mulai tumbuh dalam waktu kurang dari 1 minggu - 10 hari.



tanaman ketumbar kira kira 3 minggu

Untuk info sebaiknya jika anda ingin menggunakan daunnya sebaiknya sebelum tanaman berbunga untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih tajam. Dan tanaman ketumbar termasuk tanaman semusim jadi anda harus kembali mengulang dari awal pembibitannya tapi tentu saja anda tinggal menyisakan tanaman ketumbar anda sampai berbunga dan menghasikan biji untuk memperoleh bibit yang baru (kali ini gratis..).

NB : Ketumbar biasa di sebut ciliantro atau coriander


2 komentar:

  1. bagaimana membedakan daun ketumbar dan daun seledri. apakan bisa, fungsi daun ketumbar diganti daun seledri (celery)?

    BalasHapus
  2. Halo tin, trimakasih sudah berkunjung..
    Daun ketumbar dan seledri memang mirip, tapi mempunyai aroma dan rasa yang berbeda sekali, karena itulah sayangnya fungsinya dalam masakan tidak bisa saling menggantikan..
    Bahkan di antara masakan yang menggunakan daun ketumbar didalamnya dengan masakan yang hanya menggunakan bijinya terasa jelas perbedaannya..

    Namun bagi sebagian orang yang tidak terbiasa, beberapa diantaranya tidak menyukai rasanya..
    Seperti biasanya, soal rasa, selera pribadi yang menentukan.. ^_^

    BalasHapus