Thursday, August 27, 2015

Yang tahan panas dong...

Bunga gomphrena dan mawar floribunda
Salam jumpa lagi wahai pembaca dan pencinta flora. Kali ini saya mau bicarakan sesuatu yang bersinggungan dengan yang panas-panas ya. Tapi ceritanya ngga jauh-jauh kok dari dari seputar tanaman hehe..
Topik ini sebenarnya sudah sejak lama ingin saya bahas namun baru kali ini benar-benar sempat saya tuangkan jadi tulisan.

Awal mulanya sih karena saya sering kali (sering sekali malahan) mendapatkan pertanyaan dari para calon pembeli. Contohnya : Tempat saya panas sekali tanaman bunga apa yang cocok ? Atau saya di daerah ini (nyebutin tempatnya) bisa ngga bunga ini (nyebutin bunganya) hidup ?
Atau malahan yang sempat bikin saya kaget ada yang bertanya bunga apa yang cocok di tempat panas dan gersang dan hampir ngga pernah turun hujan ?  *maklum dong kalau secara otomatis daerah semacam gurunlah yang tergambar di benak saya.. maaf ya hehe..


Tapi tentu saja saya maklum karena sebagai orang Indonesia saya mengerti betapa hampir semua daerah di negeri ini di berikan Tuhan sinar matahari yang berlimpah sehingga di golongkan sebagai negara tropis.
Dan semua pertanyaan itu saya tanggapi sebisanya sesuai kemampuan dan sedikit ilmu dan sedikit pengalaman saya yang sebenarnya cuma penghobi tanaman biasa.
Jadi mohon maaf kalau jawaban dari saya ada yang kurang atau mungkin malahan ada yang keliru ya.

Sebenarnya lebih bagus jika sebelumnya kita tahu dulu apakah lokasi kita termasuk termasuk lokasi yang panas kering (hot and dry) atau panas lembab (hot and humid). Karena ini 2 hal yang berbeda, ibarat yang satu mirip oven dan yang satunya lagi mirip dandang (kukusan), eehhh... ?
Jadi tiap tanaman berbeda tingkat adaptasinya.. Ada yang toleran panas dan kering tapi tidak suka panas lembab, demikian pula sebaliknya.
Namun kali ini saya tidak akan membahas hal itu secara mendetail karena akan terlalu panjang lebar.
Lebih baik jika gardeners pelajari sendiri biar lebih gampang memahami.

Jadi saya langsung saja ke intinya barangkali ada dari para pembaca atau calon gardeners yang ingin mengetahui tanaman bunga apa saja yang biasanya saya rekomendasikan untuk tempat panas terlepas itu panas kering atau panas lembab,  yaitu :

1. Sunflower (bunga matahari)

Bunga matahari pendek
Bunga ini mungkin di anggap sebagai rajanya bunga. Pantas saja sih karena bunganya yang besar dengan warna umumnya kuning cerah akan membuat semua mata terkagum-kagum.
Dan sesuai nama yang di sandangnya bunga matahari ini suka dan harus menerima banyak sinar matahari.

Namun jangan lupa kalau menanam bunga ini selain ditempat yang banyak menerima sinar matahari juga harus di tanah yang subur. Karena bunga matahari termasuk jenis yang rakus hara demi pertumbuhannya yang maksimal (sesuai body istilahnya). Jadi kalau menanam di pot dengan media tanam alakadarnya ya terima saja hasilnya yang juga seadanya hehe..

Tapi jangan kecewa dulu, ada kok bunga matahari yang jenisnya pendek yang memang untuk ditanam di pot. Contohnya sunflower bigsmile yang saya tanam di polibek. Ada juga sunflower teddy bear dan Little Leo yang kebetulan benihnya sedang ready di sini hehe..
Bunga matahari juga banyak warnanya, dari kuning, merah sampai putih krem juga ada.
Bunga matahari putih krem yang pernah saya tanam bisa dilihat di halaman ini. Hasilnya memang kurang maksimal sih karena bukan di tanah subur dan tidak pernah disiram ^ ^

2. Zinnia

Zinnia scabiosa white

Salahsatu bunga favorit saya. Tak pernah 1 musimpun saya tidak pernah menanam bunga zinnia.
Bunga Zinnia adalah jenis termasuk jenis bunga yang disukai kupu-kupu, cocok bagi anda yang selain pencinta bunga juga peduli kelangsungan fauna.
Beberapa jenis zinnia lain yang pernah saya tanam bisa dilihat di halaman ini dan disini. Semuanya cantik.
Selain itu saya juga menanam zinnia jenis cactus dan zinnia zahara.




Zinnia scarlet

Bunga zinnia ini hadir dalam berbagai warna dan jenis, pokoknya selalu ada saja bunga Zinnia yang ingin anda tanam karena warnanya yang membuat anda terpesona.
Dari warna yang mendamaikan seperti putih dan pink sampai warna yang menyilaukan seperti kuning dan merah terang.

Ditempat panas justru bunga Zinnia hasilnya memuaskan kecuali zinnia lime yang perlu sedikit teduh biar keluar rona hijaunya.
Asyiknya lagi, ada beberapa jenis bunga Zinnia yang beraroma wangi lembut dan manis hmm... Contohnya zinnia purple.



3. Cosmos

Bunga cosmos seashell pink
Ini juga salahsatu bunga favorit saya. Tak cuma bunganya yang cantik, daunnya juga menarik. Selain itu mudah tumbuh dan jarang sekali kena hama dan penyakit. Dan berbunga hanya dalam 7-8 minggu sejak semainya.
Pernah saya ceritakan disini dan juga disini kisahnya. Lihatlah tanah tempat saya menanamnya, jauh dari kata subur kan ?

Jadi jangan pernah ragu menambahkan bunga Cosmos sebagai bagian dari taman atau kebun anda.
Jenisnya juga bermacam-macam. Ada yang bunganya berkelopak tunggal dan ada yang dobel berlapis-lapis. Ditanam langsung di tanah bisa, untuk di pot juga bisa. Di pot pilih saja jenis pendek semisal cosmos dwarf sonata.

Satu hal yang membuat saya kaget adalah jenis cosmos seashell samar-samar ada aroma harum mawar kampung merah yang biasa untuk taburan makam.

4. Gomphrena

Ini bunga yang akrab dengan masa kecil saya, karena ibu saya dulu menanamnya. Pasti kenal dong dengan bunga kancing ini ?
Padahal anak ibu saya banyak dan saya pernah heran kok seorang ibu yang sangat sibuk berdagang dan mengurus keluarga sempat-sempatnya bertanam bunga.
Keheranan saya terjawab setelah saya sendiri dewasa dan  mencoba menanam bunga gomphrena. Ternyata memang sangat mudah. Lempar benihnya, siram dan biarkan alam melakukan tugasnya.

Gomphrena pinknya ada 2 warna
Bedanya sekarang gomphrena tak hanya warna ungu tapi ada juga yang putih, pink, oranye bahkan merah. Dari yang jenisnya tinggi khusus untuk bunga potong (QIS series) maupun yang jenisnya pendek seperti gomphrena Buddy series. Bahkan ada yang jenisnya dwarf aka kerdil seperti gomphrena Gnome. Tinggal sesuaikan dengan keinginan kita.

5. Marigold

Kalau ada orang yang saya benci adalah orang yang pertama kali memberi julukan bunga marigold dengan sebutan bunga tai ayam, bunga tai kotok dsb.
Padahal sebagai muslim saya tahu betul kalau kita tak boleh memanggil dengan panggilan yang buruk dan berlaku zalim. Apalagi kepada mahluk lain yang jelas-jelas tak bersalah.
Dan menurut saya bunga marigold adalah salahsatu korban. Padahal bunga ini cantik dan banyak gunanya. Dan di luar negeri termasuk bunga yang dipuja-puja.
Entahlah mungkin karena di negara tropis bunga-bungaan bisa dilihat sepanjang tahun jadi dianggap biasa sehingga kurang dihargai. Dan rata-rata banyak yang tidak tahu manfaatnya.

Bunga marigold di tanah tandus

Nyatanya justru daun marigold yang beraroma citrus tajam justru berguna untuk mengusir serangga, nyamuk misalnya.
Dan tak banyak yang tahu pula kalau akar tanaman marigold mengeluarkan suatu zat yang bisa mengusir nematoda di dalam tanah. Info lengkap apa itu nematoda bisa dicari sendiri. Jadi daripada memakai pestisida jenis nematisida mending menanam marigold kan ?

Berbeda dengan semua orang, justru saya suka mencium wangi aroma bunga marigold bahkan kadang sengaja menyentuh daunnya hanya untuk menguatkan rasa senang akan kehadiran mereka di kebun.

Sebenarnya masih banyak bunga lain yang toleran panas, namun bunga diatas saya bahas satu persatu karena merupakan urutan teratas favorit saya. Selain mudah tumbuh, cantik dan banyak jenisnya juga bisa dijadikan sebagai bunga potong.

Karena saya suka sekali menghiasi rumah dengan berbagai bunga dari kebun. Menurut saya, rumah yang dihiasi bunga lebih terasa indah dan lebih terasa rumah.
Dan saya suka menghadiahi kerja keras dan jerih payah saya dikebun dengan memandang bunga yang telah saya taruh di jambangan / vas bunga.
Serta sangat layak bagi suami dan anak saya menikmati sepotong kue dan segelas minuman dingin di meja yang berhiaskan bunga cantik di suatu sore setelah menjalani hari-hari yang yang sibuk dan melelahkan.

Untuk tanaman bunga cantik lainnya yang juga tahan panas dan toleran kering diantaranya yaitu :
- African daisy
- Butter daisy
- Blanket flower (gailardia)
- Celosia
- Lantana
- Moss rose (portulaca)
- Vinca
- Torenia
- Gazania
- Rudbeckia
- Coreopsis

Dan masih banyak lagi..
Jadi tidak perlu merasa takut karena umumnya di bagian manapun anda tinggal di Indonesia, selalu ada keindahan bunga yang bisa di tanam dan di nikmati keindahannya.
Dan bagi yang sudah merasa mantap ingin menanam bunga silahkan langsung menuju halaman Happy Garden ya *promosi dikit hehe..







5 comments:

  1. Alhamdulillah nemu Blog yg sangat bermanfaat. Saya punya tanaman Marigold, saya bingung mau ditaruh dimana karna teras saya sangat friendly matahari heheh, karna sudah baca Blog ini, jadi saya tau. Trimakasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang rasanya kalau tulisan saya bermanfaat.
      Terimakasih telah berkenan mampir dan meluangkan waktu untuk berkomentar.
      Semoga tanaman marigoldnya tumbuh subur dan banyak bunganya :)

      Delete
  2. Sangat suka info infonya,salam kenal,boleh kah bl bibit bunga gomphrena yang pink,orange sama merah ,,ibu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih dan salam kenal juga.
      Kalau berminat bibit tanaman bisa langsung melihat katalog Cahaya garden.
      Disitu juga tercantum keterangan tentang cara dan ketentuan pemesanan.

      Delete
  3. Baik tetimakasih, yg tercantum.ada no sms itu,,apakah masih aktif no nya,,mksh 😊

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...
Komentar yang megandung unsur promo / jualan dan atau ketidaksopanan akan kami hapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...