Tuesday, March 17, 2015

March story




Tadaaa... Akhirnya kesampaian juga membuat postingan baru di bulan Maret ini. Setelah sebelumnya sering tertunda dengan berbagai sebab.
Sebenarnya banyak cerita yang ingin saya tulis, tapi kali ini beberapa saya gabung aja jadi satu.

Cerita di kebun :


Keadaan kebun rumahbahagia di bulan Maret 2015 ini terlihat baikan di banding bulan sebelumnya. Karena sepertinya puncak musim hujan sudah berangsur berlalu. Jadinya dalam seminggu hujannya hanya tiap 2 atau 3 hari saja. Selebihnya hangat dan cerah. Tidak seperti sebelumnya yang tiap hari dingin dan becek.

Makanya para tanaman terutama tanaman bunga tampak senang dan bersemangat menyambutnya. Bisa dilihat dari foto-foto berikut ini.

Setelah sedang tidur dan malas berbunga di awal-awal tahun, akhirnya bersama mulai datangnya hari-hari cerah para "mawar" mungil ini mulai semarak dengan bunga.

purslane cinderella kuning
Sebenarnya moss rose jenis purslane ini lebih tahan hujan daripada jenis moss rose lain. Tetap berbunga meskipun tentu tidak sebanyak saat cuaca selalu cerah.
Yang lebih menyenangkan lagi purslane ini dalam satu pohonnya bunganya sepertinya tidak ada yang sama persis. Masing-masing punya karakter dan keunikan sendiri. Ada yang jambulnya dominan merah namun ada pula yang jambulnya kuning. Semuanya cantikk.. <3

yellow purslane
Tidak ada yang sama persis kan bunga purslanenya..


Untuk moss rose, yang bulan ini membuat saya terpesona diantaranya adalah moss rose orange yang berkilauan dan moss rose pink bicolor yang lembut menawan.

moss rose orange
Moss rose / krokot orange


moss rose pink bicolor
Moss rose / krokot pink bicolor

Selain moss rose dan purslane bunga lain yang ikut unjuk kecantikan yaitu bunga butter daisy (melampodium), gomphrena buddy white, marigold merah dan lainnya

butter daisy mulai berbunga


Bahkan mawar pun ngga mau ketinggalan sama kawan-kawannya.. 

mawar putih ikut unjuk diri

Oh ya bagi kawan-kawan di Indonesia yang ingin menanam sayuran outdoor, bulan Maret dan April pas sekali untuk menyemai berbagai benih sayuran. Karena cuaca yang bersahabat tidak terlalu sering hujan tapi juga tidak sepanas dan segersang cuaca di bulan Juli dan ke depannya.
Sehingga tingkat keberhasilan penyemaian dan penanaman lebih besar.

Contohnya saya menyemai benih basil merah bersama-sama dengan benih kemangi, kedua-duanya berhasil tanpa repot-repot. Tinggal lempar dan sisanya pasrahkan pada Tuhan yang mendatangkan cuaca bagus-bagusnya ini hehe.. 

Padahal sewaktu musim kemarau repotnya bukan main, nyemai basil merah mesti di bawah naungan pohon terong lah, biar suhu dan kelembabannya pas. Mesti sering di cek pula, terlalu lembab jamuran, kering dikit malah sekarat :f

anakan basil merah hasil pasrah


Lanjut lagi ? oke, sekarang pamer labu di kebun serta asparagus generasi pertama yang di tanam di pot, ukuran spearnya udah lumayan segede pensil. Pas megang dan moto rasanya ngiler kepingin memotongnya xD

kayaknya bentar lagi panen ni


Menggiurkan...



Tapi untung saja buah wonderberry udah banyak yang matang sehingga bisa di jadikan camilan enak sambil berkebun.
Wonderberry, si mungil yang manis dan sedap
siap di lahap...


Begitulah selintas kabar dan cerita di kebun rumahbahagia, semoga bisa di sambung dengan cerita lainnya. 
Nah sahabat gardeners, bagaimana dengan kabar kebun kalian ?







7 comments:

  1. Ada bunga2, ada pula tanaman yg bisa dimakan, asyik deh komplit dikebun. Aku juga sdh mulai berkebun, cuaca sdh mendukung untuk menyemai bibit. Hapoy gardening mba Ami ;) .

    ReplyDelete
  2. Senang ya kalau cuaca sudah pas buat menanam lagi.. Selamat berkebun juga mbak Nella :h

    ReplyDelete
  3. baru tau ada wonderberry! hebat ya sampai hapal nama-nama tanamannya, saya sebagian besar dibantu tetangga jadi kalau ada yang nanya namanya bunga apa jawabnya, "kurang tau juga ya" hi3...malu2in

    ReplyDelete
  4. Engga juga mbak, masih banyak sekali kok yang saya juga belum tau.
    Ini terus-terusan sambil belajar sambil nanam hehe...

    ReplyDelete
  5. Nanem asparagus gampang ngga mba?
    Lagi mau nanem2 lagi nih, yg gampang & cepet. Ada rekomendasi?

    Kmrn ditinggal mudik 2 minggu, taneman pada mati semua, cuman portulaca yg bisa survive

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Asri,
      Kalau asparagus ngga saya rekomendasikan buat gardeners yang pengen sayuran cepat panen. Lebih baik mencoba sayuran daun seperti sawi, pakchoi, kangkung dan bayam. Rata-rata siap panen dalam tempo sebulan.
      Kalau untuk bunga portulaca memang toleran panas dan kering :)

      Delete
  6. Wah asik nambah ilmu buat bikin taman, mohon di bantu yah

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...
Komentar yang megandung unsur promo / jualan dan atau ketidaksopanan akan kami hapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...