Saturday, May 17, 2014

Bunga torenia (wishbone flower) yang unik


cahaya-4every1.blogspot.com
purple torenia
Dulu waktu saya belum terlalu kemaruk dengan tanaman, saya pernah diajak kawan untuk bertandang kerumahnya untuk mencicipi masakan buatannya (dia lagi gembira karena sukses mempraktekkan resep baru rupanya). Saya sih senang-senang saja menerima undangannya hehe..
Singkat cerita setelah acara makan-makan dan rumpi ria saya siap-siap untuk berpamitan pulang.

Namun saat akan melangkah keluar dari teras rumah kawan tersebut, pandangan saya tak sengaja tertuju pada sudut terasnya dan bagaimana bisa hal secantik itu bisa luput dari perhatian saya. Bunga bunga mungil yang lucu dan begitu indah berseri-seri tampak menceriakan sudut terasnya.



Sontak saya bertanya pada kawan saya bunga apa itu ? Karena memang saya tidak pernah melihat bunga seperti itu sebelumnya. Dia bilang dia juga tidak tahu namanya, tapi kalau saya mau saya boleh mengambil beberapa. Dengan perasaan riang saya membawa pulang beberapa batang tanamannya. Bunga miliknya terdiri dari 2 macam warna yaitu pink dan ungu (atau biru ?)
Dikemudian hari setelah adanya internet saya baru tau kalau bunga ini bernama torenia atau wishbone flower. Namanya juga terdengar indah ditelinga saya, sesuai dengan indahnya bunga torenia dimata saya.
Hari demi hari berlalu dan torenia saya semakin subur dan beranak pinak hingga saya bisa membagikan beberapa pot kepada orang-orang yang juga terpikat keindahannya. Senangnya bisa membahagiakan dengan keindahan kehidupan..

Bagi yang tertarik menanam bunga torenia, caranya amat sangat mudah. Meskipun bijinya sangat kecil seperti pasir halus, namun mereka sangat mudah tumbuh dan gampang berbunga bahkan tanpa perawatan.
cahaya-4every1
pink torenia yang tumbuh liar dihalaman
Cukup taburkan benih torenia pada tempat yang diinginkan, jaga dari panas terik dan hujan deras namun tetap media tetap lembab. Maka tak lama kemudian benih-benih tersebut menjelma menjadi tanaman-tanaman kecil yang seterusnya siap berbunga silih berganti. Memang tanaman ini termasuk jenis annual namun jangan cemas, karena torenia mudah tumbuh kembali benihnya seperti kebanyakan bunga annual lainnya.

Sekarang setelah bertahun-tahun torenia tetap jadi bagian dari taman mini didepan rumah, siap menyambut tamu atau sekedar menyapa orang yang lewat depan rumah dengan semarak bunganya yang bagaikan wajah wajah mungil riang gembira sepanjang hari..
Oh ya, baru-baru ini saya baru tau kalau bunga torenia juga ada yang berwarna kuning. Wah senangnya mengetahuinya. Tapi sampai hari ini belum juga tau dimana bisa memperoleh benihnya :(
Harap-harap suatu hari bisa menambah anggota keluarga torenia di rumah..


Anda mungkin tertarik membaca :
Bunga Telang yang cantik dan bermanfaat
Keindahan bunga zinnia



15 comments:

  1. wah kalau punya bijinya mau dong mbak beli torenia pink sama ungunya hehehe :D

    ReplyDelete
  2. Beneran minat mbak ?
    InsyaAllah kalau pas hari libur saya cek barangkali ada benihnya yang siap tanam ;)

    ReplyDelete
  3. Samaa, mba... aku jg lg berburu aneka warna Torenia nieh.. hahaahaa...
    Itu bunga kesayanganku di rumah,, gak pernah ada habisnya deh... mati satu tumbuh puluhan (bahkan tanpa dirawat) hehee...
    Di rumah baru ada 6 warna, tapi cuma kombinasi antara pink/putih/ungu/biru doank... warna lainnya belom punya... susah yaa nyarinya...

    ReplyDelete
  4. Iya nih mbak, adanya di web luar negeri sono. Itu juga belum nemu yang bisa kirim ke indo.. Padahal senenggg banget sama torenia yang cantik dan imut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt, mba... adanya di LN yg jual macem2 warna.. tapi gak ada yg mau kirim ke Indonesia. hehee... kejauhan kali yakk... :D

      Delete
  5. Mba, bibit bunga torenianya masih ada? kalau beli cod atau post?
    kalau cod dimana alamatnya mba

    ReplyDelete
  6. Pengirimannya pakai pos tercatat mas, hanya Rp 10.000,- saja.
    Kalau minat bisa kontak saya lewat email atau sms. Kalau beli benih lainnya dengan total lebih dari Rp 20.000,- di luar ongkir , biasanya malah saya gratiskan saja benih torenianya sebagai bonus :)

    ReplyDelete
  7. Mbak... Gimana saya bs hub mbak ya ?

    ReplyDelete
  8. Mbak... Gimana saya bs hub mbak ya ?

    ReplyDelete
  9. Mbak, Saya mau beli bibit bunga torenianya ...

    ReplyDelete
  10. Mbak, Saya mau beli bibit bunga torenianya ...

    ReplyDelete
  11. Mbak... Lokasinya di mana ya ? Di mana saya bs hub mbak ?

    ReplyDelete
  12. Mbak... Lokasinya di mana ya ? Di mana saya bs hub mbak ?

    ReplyDelete
  13. Halo mbak Rosyani..
    Kontak saya bisa melalui email atau sms. Selengkapnya bisa dilihat pada halaman Hubungi kami :)

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...