Thursday, May 15, 2014

Cara menanam bunga dianthus ( baby doll mix )

Dianthus baby doll
Suatu hari terdengar suara pintu rumah diketuk, bergegas saya membuka pintu karena suara ketukannya sekarang dibarengi suara posss.... Sepertinya suara pak pos nih. Benarlah, pintu dibuka sibapak langsung mengulurkan amplop berwarna putih, ada surat mbak, kata beliau.

Dengan rasa heran saya terima amplop tersebut sembari berucap terimakasih. Setelah beliau pergi saya masih sibuk bingung mengecek pengirimnya yang ternyata seorang teman di luar pulau. Oh dari si ini, batin saya.. tapi kok dia ga bilang apa-apa ya.. hmm.. penasaran saya buka ternyata isinya beberapa bungkus benih tanaman. Wah surprise dong, apalagi nama benihnya terdengar asing semua..


Langsung saja saya sms dia untuk mengutarakan rasa terkejut sekaligus senang,  eh dianya hanya mesem mesem kalau itu benih beli di luar dan pengen saya ikutan nyoba menanamnya. Tau benar dia kalau saya maniak tanam ria haha...
Ok deh sore harinya mulai milih yang mana mau di tes duluan. Akhirnya pilihan jatuh pada benih dianthus baby doll mix, nama yang lucu pikir saya..
Lebih jelasnya mengenai apa itu bunga dianthus lihat ini
Jadilah saya grasak grusuk dihalaman mencari lokasi yang tepat untuk menyemainya.. Berhubung saat itu musim hujan dan ada tetangga yang memelihara ayam yang kadang anak-anaknya bisa lolos melewati pagar depan terpaksa harus mencari tempat yang pas dan aman. Akhirnya dalam kebingungan, saya putuskan menebar benih dianthus pada pot calla lily. Potnya lumayan besar dan calla lilynya juga masih kecil serta yang penting lokasinya terlindung.
Cara menanam dianthus saya lakukan dengan menaruh benih tersebut secara random di dalam pot di bawah naungan calla lily, lalu saya taburi dengan selapis tipis tanah yang halus. kemudian saya siram dengan air menggunakan botol sprayer.
blur karena pake kamera hp

Terus terang saya tidak tau pasti kapan benih dianthus tersebut tumbuh. Yang jelas bulan depannya saya melihat ada tanaman lain selain rumput di pot tersebut. Sayang dari hampir sepuluh benih yang disemai sepertinya hanya dua yang berhasil dan bertahan. Yah daripada ngga ada sama sekali kan kesian sama yang ngasih hehe..

Waktu berjalan hingga memasuki bulan ketiga dan saya mulai melihat kuncup bakal bunganya. Waduh mulai gatal dan penasaran nih liat bentuk bunganya. Jadilah setiap hari saya pelototin dari jauh. Dan tibalah saatnya bunga dianthus yang pertama mekar.
Unik.. pink dengan belang/bercak putih.. yang tampak seperti baju boneka.. Setelah dipikir tampak mirip bunga carnation juga, tapi dengan ukuran kecil.
Akhirnya saatnya laporan dengan pemberi benihnya kalau salahsatu hadiahnya berhasil mekar di seberang pulau.. Semoga dia mendapatkan pahala kebaikan indah, seindah bunga dianthus baby doll..

4 comments:

  1. Aku jg pernah nanam ini,, tapi gak sempat berbunga, keburu mati karena kering pas musim kemarau kamaren... :(
    Pernah nanam Pansy, gak, mba? itu jg termasuk susah numbuh di sini...

    ReplyDelete
  2. Dicoba lagi mbak nanam dianthus dan pansynya.. aku juga pernah nyoba nanam pansy tapi ga ada yang nyeprout.. Mungkin karna nyobanya pas cuaca panas kali ya.. Kemaren aku nyoba lagi mumpung udah masuk musim hujan suhunya lebih adem, mudah-mudahan kali ini beruntung hehe...

    ReplyDelete
  3. Hahaaa.. iya mba... kudu trial and error dulu kayaknya yaa... hehee...
    Btw, kok aku gak bisa comment pake wordpress lagi yaa?? Makanya, skrg aku comment pake google account deh...

    ReplyDelete
  4. Oh begitu, kok bisa ya ? Padahal setingannya ga ada yang saya rubah nih..

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...