Thursday, November 24, 2016

Berapa lama usia benih tanaman sebelum kadaluarsa ?



Apa kabar para pembaca dan para pekebun semua ?
Saya harap anda sekalian dalam keadaan dan berbahagia semua ya..
Kali ini saya tergerak untuk menulis mengenai berapa sih usia benih / biji tanaman yang masih layak tanam sejak dipanen.
Pertanyaan ini pasti sering timbul pada benak pekebun semua.
Mungkin karena saking cinta dan begitu semangat berkebun sehingga setiap melihat katalog penjual benih tanaman sering kalap mata dan membeli dalam jumlah banyak sekaligus.
Padahal pada kenyataannya sekian lama setelah benih tersebut dimiliki masih belum disemai juga dengan berbagai macam alasan. Sibuklah, cuaca belum mendukung, lahan terbatas dan alasan lainnya. Yang jelas saya salahsatu yang pekebun yang seperti itu haha.. 👅

Namun adapula pekebun yang mungkin trauma karena sudah beberapa kali membeli dan menyemai benih namun tidak kunjung berhasil tumbuh. Sehingga berkesimpulan benih-benih tersebut telah lama dan kadaluarsa.
Oleh sebab itu sebelum terlanjur menjatuhkan vonis, ada baiknya kita menambah sedikit pengetahuan yuk..

Mungkin beberapa kali pembaca pernah mendengar pernyataan fresh seed.
Termasuk saya juga beberapa kali mendapat pertanyaan apakah benih yang saya jual adalah benih fresh seed atau bukan.
Lain waktu saya ditanya apakah benih tanaman ini dan itu harus ditanam dari fresh seed, karena kalau bukan fresh seed katanya tidak bakalan mau tumbuh.
Awalnya sempat bingung juga menjawabnya karena bisa saja pemahaman saya dan si penanya mengenai fresh seed berbeda.
Bagi sebagian orang mungkin fresh seed dimaksudkan untuk benih yang baru dipanen. Mungkin masih dalam hitungan jari tangan jumlah harinya.
Sementara bagi saya dan sebagian orang lainnya fresh seed artinya benih yang masih sangat layak tanam atau istilahnya umumnya viable seed.

Jadi berdasarkan sedikit pengalaman saya berkebun selama ini dan sedikit pengetahuan yang saya dapat dari sana sini maka saya jawab pertanyaan tersebut dengan sedikit ilustrasi.
Yaitu jika memang benih tersebut cuma bisa ditanam dari fresh seed yang katanya baru dipanen maka para pekebun di negara 4 musim tentu sudah sejak lama tidak bisa menanamnya.
Padahal setelah dipanen di penghujung musim panas mereka harus melewati musim gugur, musim dingin dan baru bisa menyemai lagi pada musim semi. Itupun harus menunggu cuaca dan suhu tanah mulai hangat. Sehingga kalau di total rata-rata benih tersebut harus menunggu 3 hingga 6 bulan baru bisa ditanam.
Tapi toh pada kenyataannya mereka tetap bisa berkebun dari benih yang dipanen dari tahun sebelumnya.

Nah daripada ragu yang akhirnya menimbulkan berbagai prasangka alangkah baiknya kalau kita belajar sedikit mengenai kelayaktanaman benih.
Karena sumber di negara kita masih sedikit saya coba mengambil dari sumber di negara lain yang bidang berkebunnya lebih maju dan lebih mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun warganegaranya ya.

Bukannya di negara kita buruk tapi ya kita tidak bisa menyangkal kalau perhatian pemerintah akan perkebunan masih kurang. Apalagi warga negara kita juga masih sangat sedikit yang berminat berkebun. Kebanyakan masih menganggap berkebun itu adalah kegiatan rumit, kotor, buang waktu dan anggapan miring lainnya hiks.. ☹

Kembali pada topik kelayaktanaman benih. Beberapa situs mencantumkan daftarnya.
Mungkin ada sedikit perbedaan tapi dikarenakan mereka mengambil rata-ratanya saja dan masih tergantung varietas / jenis benihnya juga.
Perlu diingat bahwa masa layak tanam benih pada daftar tersebut berlaku bagi benih yang telah dipilih dan disimpan dengan cara yang layak pula.
Maksudnya benih yang di panen dari tanaman yang kualitasnya baik dan benih tersebut disimpan dengan cara yang baik pula.
Dan jangan lupa juga kalau hitungan tersebut merupakan perkiraan berdasarkan umumnya dan beberapa juga masih jadi perdebatan.
Karena ternyata ada saja yang mengalami benihnya masih layak tanam diluar perkiraan tersebut.
Misalnya ada pernyataan yang benih tomatnya berhasil tumbuh walaupun telah 10 tahun disimpan.

Berikut rata-rata usia kelayaktanaman benih beberapa tanaman sayur dan bunga :

Vegetable / sayur
Yr / thn
Flower / bunga
Yr / thn
Asparagus
3
Ageratum
4
Bean / buncis
2-3
Amaranthus
4-5
Beet , chard
4
Anthirrium
3-4
Broccoli / brokoli
3-5
Calendula
5-6
Cabbage / kubis
4-5
Celosia
4
Carrot / wortel
3
Cineraria
3-4
Celery / seledri
5
Chamomile
3
Corn / jagung
1-2
Clarkia
2-3
Cucumber / timun
5
Cosmos
3-4
Eggplant / terung
4-5
Digitalis
2
Kale
5
Echinacea
2-4
Kohlrabi
3-5
Eschscholzia
3
Leek / bawang daun
1
Gaillardia
2-3
Lettuce / selada
3-5
Godetia
3
Melon
5
Helianthus
2-3
Okra
2
Hollyhock
2-3
Onion / bawang
1
Impatiens
2
Parsnip
1
Larkspur
1-2
Pea / ercis
3
Lavender
2
Pepper / cabai
2-4
Linaria
3
Pumpkin, squash / labu
2-5
Linum
1-2
Radish
5
Lobelia
4
Spinach
3-5
Marigold
2-3
Tomato / tomat
5
Nasturtium
5-7
Watermelon / semangka
5
Nicotiana
4-5
Basil
5
Nigella
2
Chives
1-2
Pansy
2
Cilantro
5
Petunia
2-3
Fennel
3-4
Phlox
1-2
Marjoram
1
Salvia
1
Mint
3
Schizanthus
4-5
Oregano
1
Sweet peas
2-3
Parsley
1-3
Sweet william
2
Sage
2
Viola
1
Rosemary
3
Wallflower
4-5
Thyme
3
Zinnia
5-6
Kalau ada yang keliru ataupun kurang sedangkan para pembaca mengetahuinya bisa ditambahkan melalui kolom komentar di bawah ya.
Berbagi ilmu yang bermanfaat kan juga termasuk beramal lho hehe..

Lantas bagaimana cara mengetahui benih yang sudah lama kita simpan masih layak tanam tidaknya. Kalau begitu kita harus melakukan tes germinasi.
Caranya bisa menyemai benih tersebut pada tisu / kapas lembab.
Semai paling sedikit 10 biji benih pada suhu 20-30 ⁰ C lalu tunggu hingga masa germinasi maksimalnya. Aturan ini tergantung pada jenis tanamannya. Namun ini adalah cara mudahnya.

Misalkan semai benih bunga cosmos pada tisu lembab di tempat bersuhu 27 ⁰ C lalu tunggu hingga 10 hari. Jika dari 10 benih tersebut tumbuh 7 benih maka bisa dikatakan (germination rate) tingkat perkecambahanya 70 %. Dan bisa dikategorikan bagus karena memang rata-rata tingkat germinasi cosmos adalah 80 %.

Perlu diingat bahwa masa dan tingkat germinasi tiap jenis tanaman juga berbeda ya.
Ada yang sudah bawaannya tingkat germinasinya tinggi ada juga yang rendah.
Ada yang masa germinasinya lama hingga berbulan-bulan ada juga yang hanya dalam hitungan hari.

Oke deh, sebelum semua jadi makin tambah pusing keriting memikirkan germinasi.
Bagaimana kalau para pembaca segera cek kotak penyimpanan benih anda sekalian hehe..
Yang mana yang sudah mendekati masa kadaluarsa agar diprioritaskan untuk ditanam.

Sedangkan untuk benih yang mungkin sudah sekian lamaaaaa sekali dibeli dan pas dicek malah sudah kadaluarsa bahkan sejak setahun lalu jangan buru-buru dibuang ke tempat sampah, coba saja disemai siapa tahu beruntung masih ada yang bisa tumbuh.

Seperti contoh benih radish bulat yang merupakan bonus belanja tapi tidak saya pedulikan * dasar ngga bersyukur sudah dibonusin hihi..
Tahu-tahu pas dicek sudah kadaluarsa, dan sebenarnya sudah saya rencanakan buat disemai pada hari dan tanggal sekian eh tapi itupun tetap molor sampai berminggu-minggu kemudian.
Ampun deh ya haha...

Namun ujung-ujungnya daripada dibuang tetap saya paksakan coba semai asal tebar di pot campur-campur dengan tanaman lain eh ada aja yang tumbuh.
Kejutan akan betapa indahnya misteri kehidupan. Sesuai kata mutiara yang sering kita dengar bahwa hidup dan mati adalah ketentuan Tuhan.

Hmm.. tapi ngomong-ngomong radish ini enaknya diapain sih ya ?

7 comments:

  1. Mbak tahun ini aku nanam benih geranium yg sdh expired 2 tahun, sisa 2 benih, 1 aja yg numbuh sampai berbunga loh :) . Hbaisnya sayang klo dibuang ya coba nanam aja nothing to lose kan.

    Oohh ternyata tomat bisa sampai 7 tahun ya, berarti aku masih bisa simpan lebih lama nih, tahun lalu kumpulin tomat2 unik dari supermarket, bijinya kusimpan dan thn ini nanam yg tomat zebra sukses berbuah bagus.

    Radish enaknya di bikin salat mba, di iris2 aja campur daun salat lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren tuh mbak geraniumnya. Artinya tambahan informasi lagi buat pekebun supaya jangan langsung membuang benih yang kadaluarsa.

      Iya kalau di web luar negeri mengatakan kalau viabilitynya biji tomat itu termasuk diatas 3 tahun.

      Iya udah nyoba diiris campur salad sayuran radishnya. Unik ya rasanya ada pedas-pedasnya gitu hehe

      Delete
  2. Boleh tanya itu sumber tabelnya dari mana?

    ReplyDelete
  3. Boleh tanya itu sumber tabelnya dari mana?

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas informasinya, semoga sukses selalu dan Silahkan Kunjungi website kami ^^
    Obat Herbal Fibrilasi Ventrikular

    ReplyDelete
  5. Terima kasih buat info benihnya , kebetulan aku juga sedang ujicoba benih mentimun yg sdh expired 2th kpd murid2ku , dan sdh tumbuh 1,5 bulan blum berbuah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti saat ini murid-muridnya mendapatkan pelajaran berharga dengan bersabar menunggu suatu proses dari salahsatu bentuk kehidupan ya bu/pak.
      Semoga tidak lama lagi akan berbuah mentimunnya :)

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...