Tuesday, October 30, 2018

Menanam brussel sprout di daerah tropis

Di tengah gerahnya cuaca panas dan kering yang melanda daerah saya rasanya malas dan sulit sekali saya berkonsentrasi mencoba menulis cerita mengenai sedikit pengalaman berkebun saya.
Tapi saat ada waktu luang agak panjang, sayang sekali kalau kisah ini hanya berlalu begitu saja tanpa ditulis dan dibagikan.

Paling tidak sebagai salahsatu pengingat saya saat saya tua nanti kalau saya pernah memiliki kebun dan memiliki catatan mengenai apa saja yang saya tanam dan bagaimana hasilnya di kebun saya.
Lebih syukur lagi kalau tulisan saya ini berguna bagi yang membacanya.

Sesuai judulnya, tulisan ini tentu mengenai pengalaman saya menanam brussel sprout dari biji atau benih.

Thursday, July 5, 2018

Kisah kebun hingga menjelang musim pancaroba


Alhamdulillah...
Sahabat berkebun dan pembaca setia blog cahaya, apa kabarnya semua ? Semoga dalam keadaan baik dan sentosa saja.
Bagi yang muslim insyaallah sehat setelah detoks tubuh selama bulan Ramadhan lalu dan juga bahagia serta insyaallah menjadi hamba dan manusia lebih baik yang menjadi rahmat bagi semesta setelah idul fitri.. aamiinn..

Berhubung masih bulan Syawal keluarga rumahku bahagiaku selaku pemilik blog Cahaya-4every1 dan kebun Cahaya Garden (dulunya Happy garden) mengucapkan selamat Idul Fitri dan mohon dimaafkan jika mungkin ada kesalahan tanpa disadari dan tanpa disengaja yang kurang berkenan bagi anda.


Oh ya hari lebaran tahun ini pertama kali dalam sejarah merantau kami sekeluarga tidak pulang mudik lebaran.

Selain jatah cuti belum saatnya diambil, juga tahun ini semangat ingin merasakan berlebaran di rumah sendiri bukan di kontrakan lagi hehe...
Makanya libur puasa dan lebaran tahun ini saya tutup jualan lama sekali

Saturday, April 7, 2018

Tanaman dan bunga yang mengundang lebah dan kupu-kupu

Kupu-kupu di kebun

Salam sejahtera pembaca dan pekebun semua...
Hari ini saya akan berbagi cerita dan sedikit pengalaman mengenai beberapa jenis tanaman yang saya ketahui bisa untuk mengundang serangga baik terutama lebah dan kupu-kupu.
Sebenarnya tema ini sudah sekian lama hendak saya tuliskan. Tapi seiring waktu dan kesibukan semakin tenggelam ke dasar pikiran saja.
Hingga beberapa hari yang lalu dapat sms dari seorang ibu yang baik yaitu ibu F, yang bertanya bunga apa saja yang bisa untuk mengundang lebah. Akhirnya tema tersebut muncul kembali dan kali ini harus segera dituangkan ke tulisan agar tidak terlupakan lagi. Terimakasih bu... :)

Kenapa kok sampai sedemikian repotnya harus menanam dulu tanaman untuk mengundang kedatangan mereka. Memangnya kegunaan mereka apa sih ?

Sunday, March 11, 2018

Menanam Echinacea dari biji

Biji / benih Echinacea

Ada yang pernah melihat iklan di televisi mengenai suplemen yang katanya bisa untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh tidak ?
Saya pernah, dan pernah juga membelinya untuk anak saya. Saya berharapnya sih agar anak saya tidak gampang kena penyakit musiman seperti batuk pilek.
Soalnya kasian sekali kalau melihat anak kecil sedang sakit.
Orang dewasa saja rasanya kalau kena batuk pilek menderita juga, bisa sampai kehilangan selera dan semangat untuk melakukan apa saja.

Monday, February 12, 2018

Kecantikan mawar Evelyn

Mawar yang cantik dan wangi

Salam sejahtera para pembaca semua dimanapun berada.
Sesuai janji saya pada tulisan terakhir saya di tahun 2017 lalu yang ingin menceritakan tentang mawar, maka begitu dapat kesempatan bagus alias waktu luang langsung deh saya mulai buka komputer dan beradu jari dengan tombol-tombol di keyboard. Mumpung sinyal internet juga bisa diharapkan hehe..

Kalau saya perhatikan sejak saya menulis tentang mawar saya banyak sekali dapat pertanyaan mengenai mawar yang saya miliki.
Baik melalui kolom komentar, sms dan yang paling banyak melalui email.
Rata-rata semua bertanya bagaimana keadaan mawar-mawar saya sekarang dan beberapa menyatakan ingin sekali memilikinya juga.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...