Thursday, May 2, 2019

Rain is for rain lily

Campuran bunga rain lily 

Jederrr....  Suara itu begitu mengejutkan saya yang asyik memotong sayuran untuk dimasak pada suatu sore setelah sholat ashar. Walaupun sebelumnya diujung mata menangkap ada sekilas cahaya dari langit mendung yang tampak dari jendela, namun tetap saja saya tidak menyangka bahwa suara petirnya akan begitu nyaring.
Sepertinya sebentar lagi hujan yang turun adalah hujan yang deras.
Memang sudah beberapa minggu dan hari belakangan ini setiap hujan yang turun adalah hujan yang deras dengan disertai petir.

Sambil tetap sibuk memotong sayuran, pikiran saya tak begitu fokus lagi pada apa yang saya lakukan.
Setengah pikiran saya mencemaskan tanaman - tanaman yang masih kecil. Bisa - bisa rusak, roboh bahkan hanyut tertimpa butiran air hujan yang besar selama beberapa jam.

Yah.. apa boleh buat memang demikian adanya siklus alam sejak dulu.
Mungkin puncaknya musim hujan ini termasuk membantu seleksi alam bahwa tanaman terkuatlah yang bertahan.
Yang terlambat tumbuh atau yang lemah keadaannya setelah tumbuh akan tereliminasi. 
Aduh... kenapa malah pikiran saya ikut terhanyut memikirkan air hujan dan tanaman. 

Lagipula saya mesti tetap bersyukur karena tanaman buah saya tumbuh subur daunnya tanpa perlu saya lelah menyiram atau memberi pupuk.
Belum lagi air hujan dan suhu yang lebih sejuk membuat beberapa jenis tanaman umbi saya berbunga.
Yang pasti salah satunya adalah tanaman berumbi yang pada namanya disematkan rain alias hujan. 
Ya, si cantik rain lily yang bernama asli zephyranthes namun lebih populer dengan julukan nama yang lain seperti rain lily, fairy lily dan juga magic lily.

Jika dulu di tulisan saya sebelumnya saya pernah menceritakan harapan saya bahwa saya ingin memiliki koleksi rain lily yang lebih cantik lagi.
Alhamdulillah akhirnya hal itu telah terwujud.
Saya memiliki beberapa koleksi rain lily yang diantaranya dengan senang hati akan saya pamerkan kepada sahabat pembaca dan pekebun semua hehe... Semoga hal ini jangan menyebabkan marah negatif bagi kalian, tapi justru menimbulkan marah yang positif yang membuat kalian bersemangat menabung karena harganya yang tentu berbeda dengan rain lily jenis biasa.

Nah, selanjutnya saya langsung tampilkan saja beberapa foto koleksi rain lily yang sedang bermekaran. Kecuali sedikit keterangan mengenai rain lily tersebut, saya tidak akan terlalu banyak berbicara ( menulis tepatnya ^^ ) kecuali seperlunya, supaya pekebun dan sahabat semua lebih bisa membayangkan, merasakan dan menikmati keindahannya.
Untuk cara menanamnya insyaallah akan saya bagikan di tulisan yang akan datang.

Rain lily first love
Penasaran saya dengan namanya yang artinya rain lily cinta pertama.
Akhirnya setelah bunganya bermekaran barulah saya mengerti. Ternyata seperti anak gadis yang baru pertama jatuh cinta. Tersipu malu-malu warna pinknya. Ini cuma tebakan saya saja hihi...
Rain lily ini bunganya kecil-kecil dengan kelopak lebih runcing.

Ada juga rain lily yang bersemu pink diujungnya tapi ukuran bunganya lebih besar.

Rain lily summer chill


Kurang tertarik dengan warna lembut ? 
Beberapa rain lily juga ada yang warna kelopak bunganya cerah dan terang. Jika warna kuning rain lily citrina masih belum terlalu terang dan menyala dimata pekebun dan sahabat semua, masih ada rain lily yang bunganya berwarna oranye dan juga merah.
Contohnya rain lily di bawah ini.

Rain lily lamduan red

Selain itu ada juga rain lily yang kelopaknya tumpuk atau dikenal dengan istilah double flower.

Rain lily Yanti chandra

Ukuran bunganya juga besar

Rain lily Yanti chandra agak beda dengan rain lily koleksi saya yang lain, ada aroma samar yang mengingatkan saya dengan penghapus karet jaman saya di sekolah dasar dulu. Flashback memori yang menyenangkan hmm.. 

Selain rain lily Yanti chandra, ada juga rain double flower yang lain yang saya miliki yang warnanya unik. Warna salmon.

Rain lily Salmon king


Apakah keindahannya berhenti disini ?
Ternyata ada juga lho rain lily yang kelopaknya berwarna belang.
Dijamin terpukau oleh keindahannya. Salahsatu contohnya yang saya miliki adalah seperti di foto berikut :

Rain lily Diligent bee

Wah banyak sekali ternyata varian bunga rain lily sekarang ini ya.
Thanks to Bapak Felix fadjar martha, pelopor persilangan rain lily di Indonesia. 
Saya pernah membaca (lupa dimana), bahwa beliau pernah mengatakan, (kurang lebihnya seperti ini) bahwa : daripada bersusah payah menanam bunga tulip yang masih sulit tumbuh dan berbunga di negara tropis, lebih baik menanam dan mengembangbiakkan rain lily yang sudah terbukti sesuai dengan iklim kita.

Begitulah, saya menanam rainlily karena keindahan kuncup bunganya yang seakan mirip tulip berukuran kecil.

Kuncupnya yang indah

Kuncupnya mirip tulip sebelum mekar

Juga karena hijau daunnya yang indah dipandang mata dibandingkan semrawut rumput liar di kebun.
Dan pastinya menanam karena begitu mereka bermekaran indah di hari yang cerah setelah hari-hari sebelumnya mendung dan hujan.
Laksana harapan yang terwujud jadi kenyataan setelah sebelumnya berada di suramnya keputus asaan.


Rain lily island breezee
Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya ya para pekebun dan sahabat semua. Jangan lupa tetaplah menanam dan merawat harapan kalian.


7 comments:

  1. Bisa minta 8g nya, ibu,,sy mau tanya bibit bunga kenop,,pink,,mksh

    ReplyDelete
  2. Mau beli bibit bunga kenop yg pink sm warna orange,,ibu,,apakah bisa??

    ReplyDelete
  3. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete
  4. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete
  5. Selamat malam ibu. Ibu punya berapa macam warna bunga rainlilynya? umbi atau bijinya apa bisa dibagi/dijual? Saya mau.

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...
Komentar yang megandung unsur promo / jualan dan atau ketidaksopanan akan kami hapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...