Friday, November 13, 2015

Cerita akhir kemarau (bagian pertama)

Pohon ketapang daunnya mulai kering

Sejak seminggu ini di daerah saya hujan mulai turun, awalnya hanya gerimis di bawa angin. Namun besok-besoknya hujan deras dan lama sudah juga menyapa. Malah kadang disertai angin kencang pula, ngeri kalau melintasi jalan yang banyak pohonnya karena saya lihat bekas tumpukan pohon tumbang yang baru disingkirkan dari jalan. Semoga saja jangan sampai ada korban jiwa karenanya.

Karena itu pula saya minta maaf kalau ada order dari kawan gardeners yang tertunda pengirimannya karena hari hujan. Seperti hari ini yang semua pesanan sudah masuk amplop dan siap kirim tapi ternyata cuaca tidak mendukung. Daripada amplop basah dan rusak lebih baik saya tunda untuk dikirim besok harinya. Maklum saja karena saya pergi mengantar kiriman ke kantor pos naik sepeda motor, repot sekali kan kalau pas hujan deras dan jalanan pas banjir.

Sambil minum teh, saya putuskan untuk menulis saja deh.
Saya buka file di komputer juga ada banyak kumpulan foto tanaman. Daripada tersimpan dan terlupakan lebih baik saya pamerkan dan ceritakan kisahnya hehe..

Mulai dari akhir kemarau ya, sebetulnya panjang dan banyak sekali ceritanya. Karena memang kemarau 2015 ini termasuk kemarau yang panjang. Tapi saya ceritakan beberapa dulu
.
Selain asap dan kebakaran hutan yang menyesakkan dada. Masih ada cerita indah yang terselip didalamnya. Yang jelas saya senang memandang rumput yang kuning kecoklatan atau kemerahan karena kering. Atau pohon-pohon yang menggugurkan daunnya yang sudah kuning dan coklat hingga gundul juga terlihat indah.

Meskipun ada pula jenis tanaman-tanaman yang bunganya malah bermekaran di musim kemarau yang panas dan kering. Contohnya 2 tanaman di bawah ini.
Saya belum tahu nama mereka tapi saya selalu terpesona melihatnya. Dan biasanya kalau sudah masuk kemarau saya tak sabar untuk jalan-jalan dan melihatnya.
Fotonya rada kabur bukan karena kesalahan mata anda, tapi karena asap.. Ya sayang sekali kemarau tahun ini pemandangannya dirusak oleh asap hiks..

Pohon yang bunganya full orange
Pohon yang dipenuhi bunga ungu
Bunga ungu di atas kalau dilihat dari jauh warnanya pink bagaikan sakura. Pohonnya masih pendek sekitar 2 meter saja. Itupun sudah bunga melulu dibatangnya.
Makanya saya sukaaa sekali kalau pas lewat dibawah pohon sejenis lainnya yang sudah besar rimbun lalu memandang keatas ke arah pohonnya yang hampir tak ada daun tapi malah dipenuhi dengan bunga. Seperti halnya tanaman bunga bougenvil yang kalau kemarau dan panas daunnya gundul tapi bunganya semarak.

Yang penasaran seperti apa bunganya ini saya ada fotonya dari dekat setelah batangnya atasnya di potongkan suami untuk saya. Rasanya melayang senang ketika suami mengambil dan menyerahkan 2 batang tangkai bunga yang panjangnya mungkin 1 meter lebih.

Bunganya dilihat dari dekat mirip anggrek
Saya bilang dengan suami kalau nanti kita sudah punya rumah tinggal sendiri saya ingin menanam pohon bunga ini dihalaman. Biar selalu ingat kalau kita saling sayang..  *romantis dikit boleh dong hehe.. yang merasa mual membacanya silahkan minum teh hangat ya haha..

Ok dilanjut yah, berikutnya para pembaca yang berbahagia saya bawa ke kebun aja.
Ada bunga zinnia green lime dan zinnia red lime yang mulai bermekaran. Sayang kamera saya pas-pasan jadi tidak bisa menangkap warna aslinya yang jauh lebih cantik. Sudah berulang kali jepret tetap saja hasilnya alakadarnya..

Bakal bunga zinnia green lime yang siap-siap mekar
Zinnia red lime

Impatiens balsamina warna orange cantik

Ada pula bunga impatiens balsamina mix yang saya tanam ternyata kelopaknya tidak tumpuk tapi warnanya cantik dan belum pernah saya lihat sebelumnya. Sebelumnya dapat warna putih yang kelopaknya tumpuk.

wishbone flower lemon drop
Bunga torenia lemon drop
Torenia putih yang saya tanam dari benihnya yang kecil dan halus akhirnya berbunga juga, siap bergabung pesta dengan saudara-saudaranya yang lain yang berwarna ungu dan pink.

Buncis pendek terlantar
Oh ya, untuk kawan-kawan gardeners yang sudah membeli benih dwarf bean di happy garden, bagaimana kabar buncis pendek kalian ? 
Saya menanam yang jenis dwarf bean safari. Karena Dwarf bean mascotte yang dulu mati dipatukin ayam tetangga. Mau nanam lagi eh sudah habis terjual. 
Nah dwarf bean safari yang saya tanam sudah mulai berbuah walaupun kurang terurus di dalam polibek kecil. Naruhnya dipojokan supaya maksudnya aman eh malah jadi terlupakan. Daunnya kena leaf miner pula.
Waktu saya lihat sudah berbuah saya coba petik beberapa, karena saya lihat toh masih banyak bakal bunganya.

Saya masak tumis pedas campur udang dan tempe untuk disajikan spesial buat suami tersayang. 
Semoga perutnya kenyang dan hatinya makin senang membantu saya berkebun hehe.. Paling tidak menjadi donatur setia dananya hihi..

Tumis buncis udang

Bagaimana dengan kawan-kawan gardeners sekalian ? punya cerita seru apa di musim kemarau yang telah berlalu ini. Semoga ceritanya juga indah ya...









15 comments:

  1. Mbak, bunga yg mirip anggrek spt bunga wisteria deh. Dekat rumahku ada juga yg bunganya sampai panjang banget.

    Kameraku juga jadul mbak, klo mau fokus dekat, biasanya ku matikanblizt nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau wisteria kayaknya lebih eksotis lagi ya mbak, soalnya panjangnya menjuntai gitu.
      Iya itu berulang kali jepret, waktu pagi, siang, sore trus pakai settingan otomatis sampai manual tetap aja ngga dapat warna asli zinnia red limenya.
      Emang dasar kameranya kali mbak hihi...

      Delete
  2. Hallo mbak ... Saya mau beli bibit torenia putih itu lha mbak ... Gimana caranya ya mbak ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mbak, maaf ya benih bunga torenia putihnya stoknya lagi kosong. Tapi nanti kalau sudah ready lagi akan saya masukin katalog deh :)

      Delete
  3. Sipp mbak .. Makasih ya mbak . Di tunggu kabar nya mbak ...

    ReplyDelete
  4. Sipp mbak .. Makasih ya mbak . Di tunggu kabar nya mbak ...

    ReplyDelete
  5. Hallo mbak ... Torenia white nya dah ready ?

    ReplyDelete
  6. Hallo mbak ... Torenia white nya dah ready ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sekarang readynya torenia kaui white. Tapi dalam bentuk pelleted seed mbak :)

      Delete
  7. Iya mbak ... Gimana cara beli nya ya mbak ?

    ReplyDelete
  8. Dan torenia lemon sudah ready belom mbak ?

    ReplyDelete
  9. Malam mbak ... Saya nya dah sms ke mbak, tp gak ada balasan nya mbak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh sori mbak, barangkali saya pas ada kesibukan.
      Harap maklum kalau malam hari memang kadang saya telat reply.
      Bahkan bisa jadi keesokan harinya baru saya balas :)

      Delete
  10. Bunga yg oranye tinggi itu mungkin kecrutan atau spathodea mbak. Yg putih semburat ungu kayak sakura mungkin gamal atau glirisedia sepium 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah coba cari infonya di google berdasarkan nama yang mbak Indah informasikan. Yang oranye kayaknya sih iya kalau dilihat dari jauh. Keren ya nama lainnya african treetulip.
      Kalau yang mirip sakura positif glirisedia sepium alias mexican lilac.

      Makasih banyak sudah kasih tau nama mereka lho mbak. Akhirnya bisa mengenal mereka lebih jauh lagi ^_^

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya...
Komentar yang megandung unsur promo / jualan dan atau ketidaksopanan akan kami hapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...