Saturday, April 7, 2018

Tanaman dan bunga yang mengundang lebah dan kupu-kupu

Kupu-kupu di kebun

Salam sejahtera pembaca dan pekebun semua...
Hari ini saya akan berbagi cerita dan sedikit pengalaman mengenai beberapa jenis tanaman yang saya ketahui bisa untuk mengundang serangga baik terutama lebah dan kupu-kupu.
Sebenarnya tema ini sudah sekian lama hendak saya tuliskan. Tapi seiring waktu dan kesibukan semakin tenggelam ke dasar pikiran saja.
Hingga beberapa hari yang lalu dapat sms dari seorang ibu yang baik yaitu ibu F, yang bertanya bunga apa saja yang bisa untuk mengundang lebah. Akhirnya tema tersebut muncul kembali dan kali ini harus segera dituangkan ke tulisan agar tidak terlupakan lagi. Terimakasih bu... :)

Kenapa kok sampai sedemikian repotnya harus menanam dulu tanaman untuk mengundang kedatangan mereka. Memangnya kegunaan mereka apa sih ?

Nah kalau membahas hal yang satu ini bisa jadi panjang dan menyerupai buku pelajaran. Lebih baik singkatnya saya katakan kalau mereka ini membantu penyerbukan berbagai jenis tanaman.
Bayangkan alam tanpa serangga dan binatang penyerbuk lainnya, bisa-bisa tidak akan ada yang namanya buah, biji dan akhirnya dunia gersang dan manusia bisa jadi tertimpa musibah kelaparan. 
Tentu tidak semua jenis tanaman penyerbukannya dibantu oleh serangga dan binatang lainnya. Ada penyerbukannya mandiri (self pollinated) atau dengan bantuan angin (wind pollinated).
Tapi diperkirakan bahwa sekitar sepertiga dari tanaman pertanian dan perkebunan kita penyerbukannya dibantu oleh lebah.

Dan jangan lupa pula tanpa adanya serangga yang bernama lebah tidak akan ada madu dan tanpa serangga yang namanya midge tidak akan ada yang namanya coklat. Sekarang bayangkan kehidupan kita sekarang tanpa madu dan coklat.. bakalan hambar sekali ya ?

Jadi tanaman apa sih di kebun saya yang mengundang datangnya berbagai serangga penyerbuk dan pengisap nektar bunga terutama lebah ?

1. Zinnia
    
Yang satu ini keindahannya sudah tidak perlu diragukan. Dan sisi baik lainnya adalah bunga zinnia juga salahsatu dari sekian banyak bunga pemikat lebah dan kupu-kupu. 

2. Bunga Matahari

Kalau kita menanam bunga yang satu ini, siap-siap menerima pujian dari siapapun yang melihatnya dan siap-siap juga kedatangan tamu yang mendengung dan bersayap hehe...

3. Cosmos


Cosmos binnipatus warna putih

Mungkin beberapa diantara pembaca belum terlalu akrab dengan nama tanaman bunga ini. Padahal masih satu kerabat dengan tanaman yang namanya kenikir.
Dan cosmos memang terdiri dari berbagai macam jenis. Yang paling populer adalah cosmos sulphureus dan cosmos binnipatus. Adapula cosmos atrosanguineus si cosmos yang berwarna coklat dan berbau coklat yang saat ini termasuk langka dan masih jarang dibudidayakan.
Tak heran kalau harga bibitnya masih mahal sekali.
Tapi untuk mengundang serangga baik tidak perlu menanam cosmos yang mahal kok. Cosmos biasa sejenis cosmos binnipatus pun dengan senang hati mereka kunjungi. 

4. Coneflower

Baru di maret lalu saya menulis tentang kisah saya menanam echinacea atau nama lainnya coneflower dari biji ternyata bunga cantik ini selain bermanfaat untuk kesehatan juga termasuk tanaman bunga yang mengundang lebah.
Tapi sayangnya sepertinya belum terlalu populer di Indonesia dan belum banyak yang membudidayakannya walaupun hanya sebagai tanaman hias di halaman rumah.

5. Calendula

Tanaman bunga ini juga belum terlalu populer di Indonesia. Padahal termasuk mudah ditanam, berbunga cantik dan bisa mengundang kehadiran berbagai serangga bermanfaat.
Calendula juga termasuk bunga yang bisa dimakan, biasa dijadikan penambah rasa pada masakan. Meskipun dulu lebih sering dijadikan zat pewarna. Bahkan di beberapa tempat di luar negeri dijadikan salahsatu pakan ayam karena warnanya yang oranye terang dipercaya bisa menjadikan kuning telur ayam berwarna lebih menarik seperti warna oranye kelopak bunga calendula.

6. Bee balm

Dari namanya saja sudah ketahuan kan kalau tanaman ini termasuk tanaman bunga yang memikat lebah. Tanaman ini digolongkan juga sebagai tanaman herbal bernama lain Monarda didyma atau Oswego tea. Karena daunnya bisa dijadikan teh atau ditambahkan pada teh.
Tapi sepertinya tanaman bunga ini juga masih jarang di Indonesia, padahal bunganya termasuk cantik.

7. Lantana

Nah tanaman bunga yang satu ini ternyata juga bisa mengundang kupu-kupu dan lebah karena saya sudah lihat dengan mata kepala sendiri kalau setiap hari ada saja 1-2 ekor yang mampir ke bunga-bunganya yang bermekaran.
Tapi lebah madu atau bukan saya kurang mengetahui pasti. Yang jelas saya senang karena selain saya mendapatkan kecantikan bunga lantana, ada makhluk lain yang bisa membawa pulang makanan ke sarangnya.

Lebah di bunga lantana

8. Mentimun

Berbelok sedikit dari tanaman bunga, siapa sangka kalau buah mentimun yang wajib tersedia pada menu lalapan ternyata bunganya adalah salahsatu penarik lebah-lebah datang berkunjung ke kebun.
Bahkan setiap pagi menjelang siang tanaman mentimun saya di kelilingi beberapa ekor lebah hingga saya sendiri tidak berani mendekat dan mengganggu mereka. Jadi saya lebih memilih memetik buah mentimun awal pagi sekali atau akhir sore hari sekalian saat aktivitas para lebah sudah berkurang.


9. Kelengkeng

Tanaman buah satu ini sudah tidak perlu diragukan bahwa bunganya mengundang serangga pernyerbuk dan juga lebah madu. 
Pernah dengar madu kelengkeng kan ?
Selain bisa menyediakan sumber makanan untuk mereka, buah kelengkeng juga manis dan lezat rasanya. Jadi semua semua kenyang dan semua senang hehe...

10. Mangga

Sebenarnya saya melihat lebah mengerubungi bunga mangga bukan di kebun saya melainkan di pohon mangga di rumah ibu dan mertua saya.
Kebetulan pohon mangga saya belum berbuah hehe...

Selain yang disebutkan diatas tentunya masih banyak sekali tanaman yang mengundang lebah, kupu-kupu dan serangga baik lainnya.
Misalnya untuk golongan bunga ada verbena, mawar, rudbeckia, yarrow, kaliandra, cleome dan lainnya
Untuk tanaman sayur ada labu-labuan, pare, kubis dan lainnya.
Untuk golongan herb ada mint, oregano, rosemary, borage, basil (kemangi), dan lainnya.
Dari golongan buah ada semangka, melon, markisa,mangga, jambu air, rambutan, jeruk , alpukat dan lainnya.
Sedangkan golongan tanaman lainnya misalnya kapuk randu, kapas, aren dan lainnya.

Sekarang sebagai renungan bahwa kenapa harga madu tergolong mahal dan yang asli semakin sulit dicari ?
Ya benar, salah satu sebab utamanya adalah karena keberadaan sumber makanan mereka yang semakin berkurang.
Berkurang karena hutan semakin tergusur dan perkebunan banyak yang beralih fungsi. Ada pula sebab yang terlihat kecil misalnya karena saat ini banyak sekali tanaman bunga hybrid dibandingkan yang liar.
Kelebihan dibalik tanaman yang lebih diklaim lebih tahan ini dan itu dan atau lebih cantik, lebih besar dan sebagainya terkadang mengorbankan satu hal yaitu ketiadaan pollen atau serbuk sari.
Bukan berarti hybrid itu buruk, toh saya juga menanam beberapa tanaman hybrid, tetapi alangkah baiknya selain menanam jenis hybrid, kita juga menanam jenis bunga yang biasa atau yang liar ( istilahnya open polinated ).
Barangkali tidak perlulah kalau saya mencantumkan link berita yang menyatakan bahwa kita kekurangan sumber pakan lebah.
Namun bukan berarti kita memaksakan dengan misalnya memberikan tanaman kelengkeng dengan pupuk kimia berdosis besar untuk memicu pembungaannya karena akan mempengaruhi kandungan madunya.

Ada baiknya jika lebih baik jika kita menanam kembali berbagai macam jenis sumber makanan berkelanjutan bagi mereka. Misalnya selain menanam bunga juga menanam sayuran dan menanam buah-buahan. 

Bahkan bagi yang punya keterbatasan lahan menanam, janganlah diremehkan, karena tanaman sayur yang kita tanam di wadah kecil ataupun pot mini berisi tanaman bunga yang digantung telah memberikan andil positif bagi keberlangsungan kesejahteraan alam. Baik itu pemberian makanan, pemberian oksigen bahkan pemberian keceriaan pada hati dan wajah yang murung dan pikiran lelah terbebani oleh tuntutan dunia ini. 



6 comments:

  1. Hi mba Ami, bunga matahari kalau dibiarkan sampai bijinya matang, bisa jadi makanan burung, burungnya datang ke bunganya makanin bijinya. Tahun lalu ku taruh hotel serangga di balkonku, kemarin pertama kali kulihat ternyata lebahnya sdh bermukim disitu, senangnya hatiku :) . Hotel serangga sebenarnya bisa dibuat sendiri, cuma aku males dan ga kreatif, jadi beli saja. Kalau ada yg tertarik bikin bisa lihat gambarnya di https://commons.wikimedia.org/wiki/Category:Insect_hotels . btw lantana ko ada dua?, no. 8 ga ada, no.9 2x diulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya eh.. hihi...
      Rupanya gara-gara pas hampir selesai direngekin bocah mau pinjam komputernya.
      Maklum akhir pekan sekolah libur.
      Udah dibenerin... Terimakasih koreksinya mbak Nella

      Delete
  2. kalau saya sih hanya penikmat, mba. Nggak hobi tanam-menanam. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga papa mbak, saya juga dulu ngga hobi menanam.
      Tapi begitu mulai tertarik ya gitu deh, jadi keterusan hehe...

      Delete
  3. Wah baca ini serasa mengingatkan saya pada masa sekolah dan mempelajari pelajaran biologi 😃. Oh iya Mba jurusan apa? Hebat pengetahuan soal tanamannya 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jurusan sekolah saya malah sama sekali tidak ada nyambungnya dengan blog saya Bun. Blog malah isinya tentang hobi saya memasak dan berkebun hehe...
      Terimakasih sudah berkenan mampir ya Bunda Erysha :)

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...