Friday, October 10, 2014

Menanam bunga kancing (gomphrena)

Dulu sewaktu kecil saya sering melihat tanaman bunga yang bentuk bunganya seperti telur kecil dan warnanya merah keunguan. Bahkan sekali waktu dalam kenangan itu saya ingat pernah melihatnya di dalam pot di dak rumah ibu.
Ibu saya juga penggemar tanaman, meskipun tidak punya tanah yang luas tapi beliau suka menanam bunga - bungaan serta tanaman bumbu dapur dan herbal  dalam pot di lantai 2. Dari sirih, lidah buaya hingga kencur dan daun pandan beliau tanam di sana. 
Sementara halaman belakang yang hanya seluas 3 x 8 meter dimanfaatkan untuk memelihara beberapa ekor ayam serta menanam sayuran. 
cara menanam bunga gomphrena
kuncup bunga gomphrena stawberry fields
Makanya tak heran kalau hobi beliau menurun ke salah satu putrinya bahkan tergolong lebih akut hehe.. Kenapa ? Soalnya si putri ini walaupun sudah punya kebun mini berukuran 3 kali lipatnya merasa tetap masih kekurangan tempat menanam saja ck..ck..

Balik lagi ke masa sekarang, setelah dewasa saya baru tahu kalau tanaman bunga yang saya lihat itu namanya bunga kancing, adapula yang menyebutnya bunga kenop dan bunga butang. Di luar negeri di kenal dengan nama globe amaranth atau juga gomphrena.
Sepanjang ingatan saya yang saya pernah jumpai adalah bunga gomphrena yang berwarna merah keunguan. Ternyata selain warna itu juga ada banyak warna lain termasuk warna merah, oranye dan bahkan putih.

Semakin jatuh cinta saja saya pada bunga ini. Sebab selain lucu dan cantik, bunga ini juga mudah ditanam, tidak rewel serta tahan lama. Baik saat masih di pohonnya ataupun sesudah di potong untuk dijadikan bunga hias. Istilah kerennya everlasting flower.

Jika sebelumnya saya menanam gomphrena yang umum yang berwarna merah keunguan, kali ini saya mencoba menanam gomphrena yang berwarna merah menyala yaitu jenis gomphrena strawberry fields. 
Pertama sekali saya siapkan wadah yang di isi tanah yang diberi campuran pasir dan sedikit kompos agar gembur namun tidak terlalu subur. Jika terlalu subur saya khawatir nanti tanamannya lebih lebat daunnya daripada bunganya. Nah, setelah medianya siap, saya mulai meletakkan biji benih gomphrena dengan jarak kira - kira 5 cm. Kemudian saya tutup dengan selapis tipis tanah lalu semprot hati - hati dengan sprayer hingga basah. Letakkan di tempat hangat dan terang namun tidak terkena hujan dan sinar matahari langsung. Tak sampai seminggu, benih gomphrena sudah mulai tumbuh. Jika sudah mulai tumbuh baru mulai diperkenalkan dengan cahaya matahari secara bertahap. Setelah tanaman mulai dewasa biasanya sudah kuat di lokasi full sun.

Dan seperti tanaman semusim lainnya gomphrena juga cepat berbunga, antara 2 - 3 bulan sejak disemai sudah mulai berbunga. Jika sudah berbunga maka gomphrena berbunganya tak putus putus. Apalagi di lingkungan ideal yang mereka sukai. Cukup air dan sinar matahari yang hangat melimpah.
Tak ada alasan untuk tidak menyukainya kan ?
Kalau tertarik menanam bunga kenop atau gomphrena ini, saya ada menyediakan benih bunga gomphrena strawberry field, benih Gomphrena QIS orange, dan benih Gomphrena buddy white.
Lebih jelasnya lihat di halaman ini




2 comments:

  1. mau beli bibit gomphrenanya dhonk mbak...gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan lihat halaman happy garden di blog saya ini mbak Ririn.
      Disitu ada katalog bunga termasuk bunga gomphrena. Yang mana yang mbak Ririn berminat tinggal di sms atau emailkan saja pesanannya ke saya :)

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya....