Sunday, May 4, 2014

AMAZONE BUTTERNUT ALIAS KACANG MENTEGA

kacang mentega aka amazone butternut

Kacang mentega ? Pasti anda bertanya-tanya, apakah ini sejenis selai atau jenis kacang baru semisal alpukat mentega, singkong mentega dll.. Bisa dibilang demikian sih, meskipun jelasnya ini adalah sejenis tanaman yang buahnya unik..
Tanaman ini bentuknya pohon yang rimbun, berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim...
Bunganya kecil-kecil dan banyak berwarna kuning, sementara buahnya berbentuk bulat lonjong sedikit mirip dengan buah melinjo namun lebih besar. Buah muda berwarna hijau lalu berubah oranye dan akhirnya berwarna merah saat matang.



Ini foto pohon kacang mentega di rumah saya yang ditanam dari biji pemberian seorang penjual bibit tanaman buah yang baik hati. Kenapa saya bilang baik hati karena saya hanya membeli 2 macam bibit tapi diberi bonus hingga 3 jenis bibit tanaman plus biji amazone butternut ini haha...
Berhubung dulu saya tidak mengenal tanaman satu ini, maka saya menyemainya secara alakadarnya pakai standar feeling saja.. Cara menanam kacang mentega sih mudah saja, tinggal bersihkan daging biji yang melekat pada buah lalu ditanam pada media tanam didalam wadah penyemaian, lalu ditutup dengan sedikit media tanam kemudian siram hingga lembab. Taruh ditempat yang sejuk tapi terang. Dulu saya menaruhnya di bawah naungan pohon jambu .

Kacang amazone ini termasuk pohon yang menyenangkan karena dengan minim perawatan bahkan terus terang tidak pernah saya rawat hehe.. Namun tumbuhnya tetap sehat dan rimbun, hingga paling2 hanya sesekali waktu perlu memangkas cabang atau ranting yang terlihat tak beraturan. Setelah memasuki usia 2 tahun lebih, mulailah kacang mentega ini berbunga dan berbuah.. bunganya banyak sekali hingga pohonnya terlihat cantik dan lebih cantik lagi saat berbuah karena terlihat warna warni antara bunga dan tandan buah yang dipenuhi buah menggiurkan.

Pertama kali mencicipi anda akan kaget, tekstur daging buahnya mirip selai buah yang maniss sekali. Tak heran bila matang sering dikerubuti semut. Dan menurut informasi yang saya dapat, biji kacang mentega bisa dikonsumsi seperti kacang pada umumnya, bisa disangrai atau dipanggang dulu hingga matang baru digunakan sebagai alternatif kacang pada umumnya. Nanti setelah saya coba akan saya share bagaimana rasanya.. ;)

34 comments:

  1. Nanti kalau pas ke kebun akan saya coba cek ada buah yang bisa dijadikan bibit tidak :)

    ReplyDelete
  2. hallo mbak... kebetulan sy lg cari tanaman2 unik... kl g keberatan boleh sy dibagi bibit butternut nya... txs

    ReplyDelete
  3. Halo juga, kapan hari pas saya ke kebun buah butternutnya sudah habis. Beberapa malah sudah jatuh ke tanah dan tumbuh.
    Yang di pohon hanya bunganya yang sedang bermekaran. Kalau mau sabar menunggu akan saya kabarin kalau dah ada yang bisa dijadikan bibit ;)

    ReplyDelete
  4. Boleh bagi bijinya dong... Pengin ikutan tanam juga nih...

    ReplyDelete
  5. Sementara saya catat dulu ya, semoga mas kebagian nanti. Soalnya banyak yang antusias dengan benih dan bibitnya. Termasuk yang mencangkok langsung pohonnya atau yang nyongkel anakannya.. :)

    ReplyDelete
  6. saya baru dengar ada kacang mentega, terima kasih sudah share tentang tanaman ini, kl boleh saya juga mau bibitnya.
    #salamkenal
    thx

    ReplyDelete
  7. Salam kenal juga,
    Semoga Januari sudah pada matang ya buahnya sehingga bisa dijadikan bibit..

    ReplyDelete
  8. mbak, saya pernah lihat buah yg mirip, namanya Kapoja, tanaman langka dari daerah Tapanuli bagian Selatan (Sumatera Utara)....tanamannya sih saya ga tau karna cuma beli buahnya yg sebesar kedondong tp agak lonjong kayak terong belanda dan berwarna kuning. Daging buahnya mirip ubi rambat madu cilembu yg manis. Menurut penjualnya umur 3 tahun sudah berbuah. Apa ada kemungkinan sama ya?

    ReplyDelete
  9. Sepertinya bukan mas, butternut teksturnya lebih creamy manis dengan ada sedikit rasa kacang dan ukurannya paling besar 2-3 kali buah melinjo..

    ReplyDelete
  10. Mbak yg baik, gmana caranya untuk mendapatkan bibitnya ?... trimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  11. Hai Arie, kalau benihnya sih saya dengan senang hati membaginya gratis. Bukan cuma benih / biji butternut, tapi juga benih srikaya. Namun saya perlu biaya buat mengeposkannya.

    Jadi kalau Arie dan teman-teman lain benar- benar berminat silahkan kirim alamat melalui email dan transfer biaya kirim Rp 10.000,- Kalau ada belanja benih yang lain bisa saya masukkan sekalian :)

    ReplyDelete
  12. Mba boleh bibit butternutnya. Saya minat mba. Email saya juniyantoviky@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  13. Hai Viky, saya dah coba email tapi sepertinya pending ??
    Kalau memang email saya ngga masuk silahkan Viky yang coba email ke saya ya di rumahkubahagiaku@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya punya tanaman ini dan baru pertama berbunga
      pertanyaan saya kenapa bunganya rontok dan tidak menghasilkan buah /
      apakah tanaman ini bisa dipangkas ? karena menjulang tinggi ?

      Delete
    2. Kalau pertama kali belajar berbunga memang biasanya sering rontok. Rata-rata sih tanaman buah seperti itu.
      Bisa dicoba berikan pupuk, tapi saya pribadi belum pernah menggunakan pupuk untuk pohon amazone butternut saya.
      Bisa dipangkas supaya tidak terlalu tinggi dan tajuk tanamannya bagus.

      Delete
  14. Mba makasih bgt y. G nyangka klo paket dateng. Sempet kaget dr siapa pdhl g pesen. Tahunya dari mba...
    Semoga mba sekeluarga dimudahkan rezekinya

    ReplyDelete
  15. Hai Viky, semoga penghijauannya berhasil ya..
    Aaminn... terimakasih doanya ya :)

    ReplyDelete
  16. mba kacang amazon ini pohon nya besar kayak melinjo ga??saya mau coba tanam tp klw besar rumah ga ada lahan kosongnya..kalau tanam dlm pot masih bisa ga mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa, sebelum di pindah ke tanah juga saya menanamnya dalam pot.

      Delete
  17. Mba, saya juga mau dong benih kacang amazon nya... bisa ngirim ke Palembang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, tapi kayaknya belum bisa kirim dalam waktu dekat. Karena kemarau panjang sampai tanah pecah-pecah bunganya kebanyakan rontok sebelum jadi buah :(

      Delete
  18. mbak ada id line atau pin bbm nya nggak?saya tertarik untuk memesan benih kacang amazone nya for serious. mohon dibalas mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, adanya sms dan email mbak.
      Kalau cuma minat benih kacang amazon sih tinggal ganti biaya posnya saja mbak :)

      Delete
  19. Saya punya kacang amazon juga di belakang rumah. Alhamdulillah berbuah terus. Sampai bingung mau diapakan. Biasanya sih dimakan langsung buahnya lumayan buat sarapan.. Jika Mbaknya punya informasi pemanfaatan lain kacang amazon mungkin bisa di share Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Rohmad biasanya sih dimakan langsung saja, kalau buah matangnya lagi berlimpah biasanya burung dan kupu-kupu ikut menikmati juga hehe..
      Untuk olahan lain biasanya daging buahnya saya tambahkan ke dalam adonan kue yang menggunakan labu misalnya pie atau kue talam untuk menambah citarasanya :)

      Delete
  20. Kacang Amazon sy sering berbunga. Tp rontok terus gak pernah jd buah? Kira2 knp ya. Ada saran harus d apakan biar bisa berbuah? Sy tanam d planter bag. Thx

    ReplyDelete
  21. Kacang Amazon sy sering berbunga. Tp rontok terus gak pernah jd buah? Kira2 knp ya. Ada saran harus d apakan biar bisa berbuah? Sy tanam d planter bag. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penjelasan mendetail dari yang lebih ahli lebih baik mbak berkunjung dan membaca artikel di blog ini ya.
      http://leira-fruit.blogspot.co.id/2011/11/mencegah-kerontokan-bakal-buah.html
      Mudah-mudahan masalahnya bisa teratasi :)

      Delete
  22. Dikebun saya ada satu,pohonnya tidak terlalu tinggi sekitar 2 meter aja,itu pohonnya lagi berbuah lebat,,saya tidak tahu apa itu namanya makanya sering saya pangkasi batangnya,,nanti saya coba rasa buahnya dan saya share nanti kepada kawan kawan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, coba tes rasanya pas matang maksimal yaitu berwarna merah dan mulai lunak.
      Burung dan kupu-kupu saja suka saking manis rasanya kacang mentega ini :)

      Delete
  23. o... ini namanya amazone butternut ya.. tetangga punya pohon ini dan baru tau kalau bisa dikonsumsi.. selama ini buahnya cuma dibikin maenan ma anak-anak kecil... :D. kapan2 ku mo minta ah.. :D
    makasih mba atas infonya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama-sama... terimakasih sudah berkunjung ya :)
      Oh mungkin itu anak-anaknya belum tahu kalau buahnya bisa dimakan hehe...

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...