Wednesday, May 14, 2014

Menanam cosmos yuk...

cosmos bright lights

 Apa itu cosmos ? Kalau dijelaskan jadinya bakal panjang bin lebar deh, ngga cukup waktu dan tempatnya hehe.. Maka dari itu dipersempit aja dan sesuai topik menjadi apa itu bunga cosmos ?
Bunga cosmos adalah bla..bla.. Yah daripada ngetik kepanjangan dan bikin bosan, mendingan klik dan baca link tersebut kalau memang pengin kenal lebih jelas dengan bunga ini.

Bunga cosmos ini salah satu tanaman annual yang saya sukai banget, selain zinnia, marigold de el el *capek nyebut semua yang ternyata banyak haha...
Kenapa saya suka bunga cosmos ?
 soalnya ini bunga gampang banget numbuhnya, ngga ribet perawatannya, ngga terlalu cerewet mau ditanam dimana saja. Tapi hasilnya mempesona..Pokoknya bunga asyik deh..

Cara menanam bunga cosmos ini cukup menyemai benihnya secara rebah / terbaring lalu tutupi dengan lapisan tanah gembur setebal 0,5 - 1 cm an. Jangan lebih, agar bakal bibit bisa dengan mudah menembus lapisan tanah tersebut saat mulai tumbuh. Namun usahakan pula jangan terlalu tipis sehingga akar muncul dipermukaan akibatnya rentan kekeringan atau malah bibit mudah roboh saat disiram karena akar belum mencengkram tanah. Nah jika sudah selesai menyemai, siram dengan air hingga basah lalu letakkan ditempat hangat dan terang bukan ditempat panas lho ya..

pink cosmos
Paling cepat 3-4 hari maka tumbuhlah si cosmos, tetap siram namun jangan berlebihan. Setelah tumbuh beberapa daun asli dan mulai terlihat kuat, bibit cosmos siap dipindahkan ke tempat terbuka yang diinginkan.. Dari biji rata rata cosmos berbunga hanya dalam waktu 7-8 minggu, sambil menunggu kita bisa menikmati keindahan daunnya, bahkan pada jenis cosmos caudatus atau biasa disebut kenikir dan ulam raja daunnya bisa dimakan sebagai lalapan atau campuran sayur/masakan urap.
Beralasan kan kenapa saya menyukai bunga cosmos..
Saya menanam berbagai jenis dan warna cosmos namun yang berhasil dan sempat dikamera hanya pink, yellow dan orange cosmos.. white cosmos dan yang lainnya ada aja kendalanya pas mau motret, kelupaan kameralah, keburu hujanlah, eh begitu ada kamera dan cuaca bagus malah keasyikan ngurus tanamannya sampai lupa motonya.. ampun dah haha...
Oh ya yang perlu diperhatikan saat menanam cosmos adalah jangan memberi pupuk berlebih apalagi dengan kandungan N atau nitrogen tinggi, karena justruakan membuat tanaman bunga cosmos lebih banyak dan rimbun daunnya daripada bunganya.

Yang mereka butuhkan hanya tanah gembur, sedikit air dan cukup sinar matahari.. that's all and get ready for for their pretty blooms party..

Cerita lainnya mengenai cosmos double click yang saya tanam bisa dilihat di demam cosmos double click

Kalau gardeners tertarik menanam bunga cantik ini silahkan menuju ke laman ini
Saya ada menyediakan beberapa jenis benih bunga cosmos lho :)

Baca juga :
Cosmos double click fever
Vanila sun
Baby corn and pea stir fry

13 comments:

  1. bisa gak nanam kenikir dalam pot botol plastik bekas? untuk program di TK mau menanam bunga. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk ditanam di botol bekas sebaiknya cosmos yang jenis kerdil / dwarf mbak. Contohnya cosmos dwarf sonata dan cosmos ladybird :)

      Delete
  2. mbak saya baru menanam bunga cosmos dwarf sonata, tapi sudah seminggu ini kok belum tumbuh2 ya... mohon saran nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benih / biji bunga cosmos yang setelah seminggu atau lebih disemai tapi belum tumbuh ada beberapa kemungkinan penyebabnya.
      Bisa benihnya yang sudah tidak viable lagi mungkin karena penyimpanan benih yang kurang baik, sehingga benih mati. Atau memang benih sudah melampaui batas layak simpannya (kadaluarsa).
      Sedangkan pengaruh lainnya yaitu media tanam dan perlakuan. Apakah media tanam terlalu padat, terlalu basah, mengubur benih terlalu dalam dan lain sebagainya.

      Saran saya kalau mbak Nike masih ada sisa benih cosmos yang belum ditanam coba ditanam dengan media tanam yang berbeda dan menjaga agar benih yang disemai tidak mengalami stres dan mati akibat terlalu becek atau malah kekeringan.
      Semoga berhasil ya :)

      Delete
  3. mbak, mau tanya, tanaman cosmos saya sudah muncul kecambahnya, tapi kok makin tinggi batangnya makin tipis terus tahu2 udah layu aja ya? gimana ya cara menanggulanginya? terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, kemungkinan besar sebabnya karena kecambahnya terserang penyakit yang namanya rebah kecambah.
      Biasanya dikarenakan karena media tanam dan lingkungan yang terlalu basah/lembab.
      Dengan menggunakan media tanam yang steril atau menjaga agar tidak terlalu lembab serta cukup mendapatkan sinar matahari terutama pagi hari akan mengurangi resiko bibit terkena penyakit ini :)

      Pemberian fungisida pada biji/benih tanaman juga bisa mencegah penyakit ini. Tinggal pilih mau yang organik atau yang non organik jenisnya.
      Info mengenai fungisidanya bisa dicari atau ditanyakan langsung dengan penjualnya ya :)

      Delete
    2. Sama-sama mbak.. semoga lain kali sukses menanam cosmosnmya ya :)

      Delete
  4. Bibit yang warna pink, putih. Adakah mbak. Bibitnya berapaan, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh maaf mbak, saya kok terlewat ya membaca komennya mbak Laksmika :(
      Kalau cosmos benihnya sudah mix atau tercampur mbak, isinya benih cosmos warna pink,putih dan merah :)

      Delete
  5. Mbak.. bagi tips n tricknya dong.. saya sempat beberapa kali menyemai cosmos dan hasilnya zonk semua.. udah dicoba di media berbeda sama saja.. di coba pake tisu malah membusuk bijinya.. srmpat putus asa... Ini saya lagi semangat lagi sampe2 beli bibit 3pack. Cosmos seasheld,commond cosmos ama dwarf sonata.. bagi tipsnya donk biar bisa numbuh cosmosnya... :( :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cosmos biasanya termasuk mudah tumbuh kok.
      Kalau benihnya bagus, media tanam dan kelembaban pas sebelum seminggu sudah berkecambah.

      Coba semai ulang dengan dikubur pada media tanam gembur, sedalam 0,5 - 1 cm. Letakkan di lokasi terkena matahari pagi saja tapi terlindung dari hujan deras. Jaga media tanamnya selalu lembab jangan sampai kering atau terlampau becek.
      Semoga kali ini berhasil ya :)

      Delete
  6. mana yg paling bagus buat perkecambahan kak...pasir atau tanah biasa?
    sekitar rumah banyak sisa gergajian kayu...bisa ga dipake?
    makasih...

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya....