Thursday, January 14, 2016

Cara memanen benih tanaman (bagian 2)

Bunga zinnia zahara orange seolah mau terbang 

Hai para pekebun, jumpa lagi ya..
Kali ini topiknya bagian kedua mengenai cara memanen benih bunga. Kan seperti yang saya ceritakan sebelumnya kalau beberapa kawan seringkali menanyakan bagaimana sih cara memanen benih bunga ini itu ? Atau kapan dan bagaimana sih bunga ini itu bisa di ambil benihnya ?

Bagian sebelumnya saya membahas tentang bagaimana cara memanen benih bunga torenia, butter daisy dan marigold. Yang belum membaca bisa menyimaknya di
Sekarang kita lanjutkan saja ke benih bunga yang bagian kedua ya.

1. Bunga Phlox
 
Hal menggembirakan karena ternyata bunga Phlox bisa tumbuh dan berbunga di iklim tropis ini.
Kok saya bisa bisa yakin ? Ya tentu karena saya sendiri menanamnya. Bunga yang sekilas rada mirip dengan bunga Vinca ini meskipun ukurannya lebih kecil tapi bunganya rimbun dan banyak sekali. Biasanya benihnya dijual dalam bentuk mix (campuran) berbagai warna indah.
Namun mungkin diantara beberapa warna bunga Phlox yang anda tanam, ada satu dua warna yang jadi favorit. Nah bagi yang penasaran kapan tepatnya memanen benihnya saya ada menampilkan fotonya dibawah ini.

Kapsul benih bunga phlox yang mirip ketumbar
Lucu.. karena pada bekas bunga yang layu berubah menjadi bulatan-bulatan kecil yang mirip dengan bumbu dapur yang disebut ketumbar. Jika sudah siap panen mereka akan berubah warna menjadi kecoklatan.
Nah dalam bulatan-bulatan itulah jika dibuka kita akan menemukan beberapa biji benih. Biasanya ada 2 atau 3 biji benih bunga Phlox yang siap diambil.
Benih itulah yang nantinya akan kita simpan untuk ditanam ulang di musim tanam selanjutnya.

Benih phlox ada didalamnya
Jangan lupa benih yang terkumpul setelah di panen untuk dikering anginkan ditempat teduh dan sejuk tapi terang. Setelah kering barulah disimpan ke dalam wadah kedap air dan kedap udara untuk menjaga kualitas benihnya.

Telatt.. benih sudah berjatuhan
Kalau anda lihat cuma tersisa tangkai kering dengan bekas pangkal bunga berbentuk bintang artinya anda terlambat dan belum beruntung. Coba lagi nanti hehe..

2. Bunga Vinca
 
Vinca icy pink
Vinca pink
Bunga Vinca yang di Indonesia disebut tapak dara ini sering jadi pilihan untuk ditanam sebagai bunga taman. Bisa dimaklumi karena bunga ini indah, tahan panas dan minim perawatan.
Apalagi saat ini sudah banyak beredar bunga Vinca dengan warna unik, tidak melulu warna lavender, putih dan pink. Sekarang sering kita jumpai vinca yang berbunga merah bahkan ungu.
Berikut ini adalah tampilan bakal benihnya.
 
Polong benih sudah mulai terbentuk
Nanti lama kelamaan polong tersebut akan membesar dan biji didalamnya matang dan berwarna gelap. Saat itulah tepatnya memanen benih vincanya.

Bagi yang terpesona dan berminat menanamnya, alih-alih memotong dan mencabut bunganya alangkah lebih bijaknya kalau anda menyelidiki secara hati-hati dan seksama apakah ada bakal benih sudah matang yang bisa ditanam nantinya.
 

3. Bunga Zinnia

Ini adalah bunga favorit sepanjang masa bagi para gardeners. Warna-warninya indah, mudah tumbuh, tahan panas, minim perawatan, mengundang kupu-kupu dan bisa dijadikan bunga potong. Bahkan pada beberapa jenis tertentu terutama yang heirloom ada yang beraroma manis.
Tak ada alasan untuk tidak mencintai mereka kan ?
 
Tertarik menyimpan benihnya ?
Simak lewat foto berikut ya, itulah contoh tampilan dari calon benih bunga Zinnia.
Setelah kelopak bunganya yang cantik memudar dan mulai mengering lalu mulai rontok itulah saat yang tepat untuk memanen benihnya.

Bunga zinnia yang telah layu
Potong tangkai bunganya lalu pisahkan tiap bagian pangkal dari bekas kelopak bunganya. Pilih yang bagus yang ada bakal benihnya didalamnya. Karena terkadang ada beberapa yang kempis dan tidak ada bakal benihnya.
Setelah penyortiran selesai, kering anginkan benihnya dan simpan seperti cara menyimpan benih yang baik dan benar seperti saya sebutkan sebelumnya.

4. Bunga Celosia

Bunga yang banyak macam dan ragamnya ini seringkali dipandang sebelah mata juga lho, seperti halnya bunga marigold. Mungkin karena mudah tumbuh dimana-mana di negeri kita makanya sering dikategorikan bunga liar.
Padahal di belahan dunia yang lain mereka dibudidayakan untuk bunga penghias taman dan juga sebagai bunga potong.
 
Bunga celosia banyak sekali ragamnya, dari yang bunganya meruncing seperti api lilin ada pula yang bunganya mirip jambul atau jengger ayam serta ada yang menjuntai memanjang ke bawah seperti air terjun.

Celosia berdaun merah
Kali ini karena yang sedang mekar di rumah saya adalah yang berbunga meruncing dan berdaun merah / burgundy maka bunga Celosia inilah yang saya ambil contoh untuk di panen benihnya.
Karena rata-rata benih bunga Celosia mirip satu sama lainnya.
Biasanya benihnya yang siap panen dimaulai dari pangkal bunganya yang sudah berubah warna dan mengering.
Sebenarnya kita bisa memanen benihnya dengan menyertakan pembungkus benihnya. Atau hanya benihnya saja. Benihnya mirip biji bayam lho..
Kalau pekebun sekalian biasa menyemai benih bayam maka menyemai benih Celosia tentunya bukan hal yang sulit.

5. Bunga Purslane

Ini bunga yang tak jemu-jemunya saya pamerkan di blog. Mungkin pembaca sampai merasa bosan hehe.. Mau gimana lagi ya ? Soalnya saya suka tak tahan untuk tidak membagi setiap keindahan bunga purslane yang bermekaran. Jadi harap maklum ya..

Purslane favorit terbaru yang mirip petunia, Duna purple.
Benih bunga Purslane ini tergolong benih halus (kecil sekali). Kalau tidak dipelototi benar dari jarak dekat niscaya tidak terlihat. Belum lagi kapsul benihnya mirip dengan kuncup bakal bunganya.
Makin lengkap deh membingungkannya. Satu-satunya cara ya harus seksama memeriksanya, biasanya kapsul benih siap panennya warnanya lebih kusam bahkan jelek dan kalau tersentuh gampang terbuka tutupnya. Meninggalkan seumpana cawan super mini yang berisi biji benih bunga purslane. Kumpulkan secara hati-hati dan perlakukan seperti benih lainnya sebelum disimpan.

collecting and saving Purslane seeds
Benih bunga purslane

Kalau terlambat atau dibiarkan tidak dipetik jangan heran kalau anda akan menemukan banyak anakan purslane yang tumbuh disekitar tanaman induknya seperti contoh foto dibawah.

Benih purslane yang mulai bertumbuhan



6 comments:

  1. Bunga phlox setelah bbrp kali nanam akhirnya numbuh, eh datang musim dingin, sdh taruh greenhouse pun ga bertahan ahaha.

    Vinca nya unik mbak, baru lihat yg warna pink begitu. Bunga purslane baru tahu :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya bunga phlox suka panas ya mbak.
      Waktu kemarau panjang tahun 2015 lalu tidak disangka dia termasuk yang kuat bertahan melewatinya :D

      Delete
  2. Saya dengar bunga alyssum juga tahan panas.. tpi kalo di bandingkan antara phlox sama alyssum mana yg paling tahan panas..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bunga alyssum saya belum tahu karena di percobaan pertama saya menanamnya tanamannya mati sewaktu masih kecil :(
      Sementara bunga Phlox percobaan pertama sudah berhasil makanya saya bisa bilang bisa tumbuh di negara tropis.

      Delete
  3. Ada contoh benih bunga portulaca moss rose gak?

    ReplyDelete
  4. Ada contoh benih bunga portulaca moss rose gak?

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...