Tuesday, January 5, 2016

Cerita tanaman di awal tahun 2016



Halo para pembaca semua, terutama gardeners sahabat saya sekalian. Setelah sebulan lebih saya tidak menyapa kalian akhirnya sempat juga menulis lagi di blog sederhana saya ini.
Apa kabar semuanya di awal tahun 2016 ini ?
Semoga sehat dan bahagia ya.. Dan semoga resolusi tahun 2016 ini sukses terwujud nantinya  :)

Terimakasih bagi kawan-kawan yang telah mengucapkan selamat tahun baru lewat sms maupun email dan tak lupa bertanya tentang kabar saya dan sekeluarga. Beberapa sekaligus ingin tahu update an tanaman saya. Jadi malu sekaligus sedikit ge er deh kalau ada yang merindukan  *tanamannya sih maksudnya hehe..

Kalau biasanya saya mulai dengan tanaman bunga, kali ini di awali dengan tanaman buah saja.
Soalnya saya sedang merasa senang karena tanaman buah lengkeng sudah mulai jadi bakal buahnya. Meskipun agak banyak bunga yang rontok karena sering turun deras namun alhamdulillah banyak juga yang bertahan.

Apalagi tanaman buah Tin atau Ara jenis purple yordan juga sama-sama berbuah.

Lengkeng dataran rendah
Bakal buah lengkeng mulai membesar

Buah Tin bermunculan

Tak sabar rasanya ingin memetiknya, semoga dalam 1-2 bulan ke depan sudah bisa dipanen buah-buahan tersebut di atas.

Nah setelah cerita tentang tanaman buah berikutnya giliran tanaman bunga yang ingin narsis.
Phlox yang sudah sejak akhir tahun lalu mekar dan sudah dipamerkan ternyata masih terus-terusan unjuk gigi.
Cantiknya bunga phlox ungu
Bunga phlox ini bunganya banyak dan rimbun. Sepintas mirip bunga vinca ya..
Setelah mencoba phlox ini dan sukses, sekarang saya mencoba menyemai benih phlox tapestry yang kelihatan lebih cantik dan ada harumnya.

Dari beberapa jenis dahlia yang saya tanam, bunga dahlia jenis harlequin adalah salahsatu yang jadi favorit saya. Apalagi ternyata yang berhasil bertahan sampai berbunga adalah yang warna ungu, sesuai dengan yang saya idamkan.
Dahlia Harlequin adalah jenis dahlia yang tanamannya pendek dengan kelopak bunga tunggal.

Dahlia Harlequin from seed in hot tropical climate
Dahlia Harlequin ungu

Kalau ingin dahlia yang tanamannya pendek dan kelopaknya berlapis cobalah tanam dahlia Figaro.
Menanam dahlia dari biji / benihnya tidak sesulit yang selama ini dikira lho.
Kalau sudah tahu karakter dan kesukaan mereka sepertinya tingkat kesulitannya tidak terlalu jauh berbeda dengan Zinnia.
Tentu saja, karakter Zinnia yang sangat toleran panas belum bisa di saingi oleh Dahlia.
Tapi kalau melihat bunga dahlia mekar rasanya segala kerepotan yang diusahakan untuk bunga ini terbayar lunas. Apalagi saya lihat masih banyak kuncup bakal bunga lainnya.

Bunga vinca Jam n Jelly Blackberry
Di antara beberapa jenis vinca di kebun, ada salahsatu yang selalu jadi pusat perhatian dan mengundang kekaguman. Dia bernama Vinca Jam n Jelly Blackberry.
Pasti sudah terlihat jelas kenapa mereka jadi primadona, apalagi kalau bukan karena warnanya.
Antara biru atau ungu, atau mungkin ungu kehitaman ? sulit mendeskripsikannya.
Selain Blackberry, jenis vinca jam n jelly juga ada yang seri blueberry. Namun saya lebih menyukai seri blackberry ini karena kontras warna bagian tengah dengan pinggirnya.

Kita lanjutkan menengok koleksi bunga lainnya yuk,..
Kali ini yang tak pernah bosan-bosannya saya tanam dan saya pandang. Yaitu Moss rose dan Purslane. Awal tahun 2016 ini yang ikut menyemarakkan adalah purslane jambul alias purslane fairytale warna oranye dan ungu.

Purslane jambul ungu
Purslane jambul oranye
Adapula purslane yang kelopak bunganya selapis namun coraknya cantik sekali. Memanjakan mata sekali pokoknya.

Purslane yang cantik kan ?
Pokoknya kalau bicarakan purslane tak ada habisnya deh, dari keindahannya sampai manfaatnya.
Bagi yang belum tahu manfaatnya bisa membaca tulisan saya disini

Ok biar mata tidak silau terus-terusan melihat bunga-bunga cantik mendingan kita ademkan dengan melihat sayuran sajalah.
Meskipun bukan level petani dan pekebun handal tapi paling tidak sayuran saya masih layak ditampilkan hihi..
Ada paprika mini coklat yang hidup pas-pas ala kadarnya dalam polibek. Belum berubah coklat sih warnanya tapi semoga saja segera, soalnya sudah tak sabar menunggunya. Meskipun kalau sudah berwarna coklat dan matang mungkin saya akan bingung mau diapakan, bakalan digigit atau dijilat karena warnanya itu haha..

Paprika mini coklat yang masih hijau
Satu lagi yang masih bingung mau saya apakan adalah seledri merah. Karena meskipun perlu sekali buat masakan saya kok masih merasa sayang memetiknya.
Awalnya sudah rada pesimis, bakalan berwarna merah tidak batangnya ? Namun demikian saya menguatkan tekat dan tetap menyemai benihnya.
Ternyata begitu musim hujan tiba dan suhu tidak terlampau panas lagi akhirnya muncul juga warna merahnya horeee...

Seledri merah yang mulai memerah

Nah para pembaca dan kawan sekalian, demikianlah sekilas cerita tentang kabar tanaman saya. Awal tahun 2016 ini justru semangat berkebun saya makin menggelora. Bagaimana dengan anda ?















6 comments:

  1. Selamat tahun baru 2016 mbak Ami.

    Buah tin sptnya lagi ngetrend di tanah air ya mbak, banyak sekali yg nanam. Saya prnh dikaish nyoba buahnya lihat aja ga selera haha, mungkin terllau matang petik dr pohonnya jd warnanya coklat dan lembek daging buahnya.

    Klo adenium dan plumeria mbak Ami nanam nuga ga? lagi ngetrend juga di tanah air tuh.

    Vinca aku nanam bbrp kali ga pernah numbuh :( . Moss nya cantik mbak warnanya unik semua :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met tahun baru juga mbak :D
      Iya mungkin buahnya terlalu matang atau memang mungkin jenisnya yang matang lembek ?
      Kalau yang pernah kucicipin sih enak manis dan bijinya renyah.
      Aden dan plumie juga aku tanam, malah ada yang kutanam dari biji hehe..

      Delete
    2. Aku nanam biji adenium kaga numbuh haha .. bahkan yg bentuk pohon kecil baru beli daunnya rontok semua *parah haha, untungnya skrg mulai numbuh daun barunya.

      Pohon tin banyak dijual ditempatku, cuma belum berminat krn penrah sekali lihat dan nyoba aneh rasanya :D .

      Delete
    3. Hehe.. namanya juga beda lidah beda selera. Suamiku juga bilang rada aneh rasanya haha..
      Btw katanya buah mudanya enak disayur lho mbak, tapi eman-eman kalau buahnya masih sedikit hihi..

      Delete
  2. Mba ami namaku juga ami..tertarik dgn vinca ungu dapatnya dimn yah mba...mau pesan

    ReplyDelete
  3. Hai ami, saya ada vinca ungunya. Tapi harus inden dulu ya karena stoknya terbatas padahal peminatnya banyak :)

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...