Friday, May 30, 2014

Beberapa hama dan penyakit pada tanaman

Pengalaman dari hobi menanam membuatku mengenal beberapa jenis hama dan penyakit pada tanaman.
Awalnya sempat mengira kalau hama dan penyakit adalah hal yang sama. Namun ternyata berbeda..

Hama : Berbagai macam gangguan tanaman yang disebabkan misalnya tikus, belalang, siput, ulat,  thrips, aphids, wereng, leaf miner, lalat buah, nematoda, dan sebagainya.

Penyakit : Berbagai gangguan pada tanaman yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur, contohnya busuk buah, karat daun, BER sampai layu mendadak  (early blihgt dan late blight), dan sebagainya.

Cara mengatasi maupun obat untuk hama dan penyakit tersebut bisa anda cari dan tanyakan informasinya pada toko pertanian. Karena beda hama dan penyakitnya, biasanya berbeda pula cara dan obatnya.
Begitupun dengan cara kimia maupun cara organik. Namun sayang, semua ini sungguh menyita waktu, tenaga dan biaya, bahkan kadang berbahaya.
Belum lagi ada beberapa penyakit yang belum ditemukan obatnya, sehingga pilihannya harus memusnahkan tanaman kita, sedih banget kan ? ( pokoknya amit-amit deh ).
Karena itu tindakan pencegahan lebih dianjurkan. Misalnya menjaga kebersihan kebun, melakukan pergiliran tanaman, menanam companion plant dan lain-lain, sehingga diharapkan jangan sampai ada hama dan penyakit yang datang.

Beberapa contoh mudahnya yang saya terapkan misalnya :

  • menjaga sanitasi kebun termasuk membersihkan gulma yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman dan bisa menjadi sarang dan media tular hama dan penyakit, memangkas tanaman yang terlalu rimbun hingga terlalu menghalangi cahaya matahari karena lingkungan yang agak gelap dan lembab berpotensi menyebabkan timbulnya penyakit yang disebabkan jamur semisal karat daun.
  • pergiliran (rotasi) tanaman alias tidak menanam tanaman yang sama atau dari keluarga yang sama pada lokasi yang sama selama lebih dari 1 atau 2 musim. Misalnya menanam tomat, kentang, terung pada lokasi yang sama. 
  • menggunakan cara alami untuk pencegahan misalnya penggunaan kulit telur serta menanam companion plant. 
Btw, apa sih maksud BER dan companion plant itu ?

BER : adalah singkatan dari Blossom End Root yang artinya busuk pada bagian ujung bawah buah (seringkali menyerang tomat). Buah tomat mengalami busuk sehingga berwarna hitam pada ujung bawah  dan menyebabkan jeleknya hasil panen bahkan bisa gagal panen karena keburu rontok duluan.
Menurut informasi yang saya dapatkan, hal ini bisa disebabkan jamur ataupun kekurangan kalsium..
Dulu pernah menanam tomat black krim kena kasus ini hiks.. masih amatir dan ternyata tomatnya juga tomat yang rentan BER.. Mencegah BER secara alami pada tomat dengan cara ini

Companion plant : maksudnya tanaman pendamping yang baik. Yang bisa membantu pertumbuhan tanaman dan juga bisa mencegah gangguan pada tanaman.
Beberapa contoh companion plant :  marigold, nasturtium, basil, oregano dsb.. 
Tanaman-tanaman tersebut di atas sering digunakan untuk pengusir hama tertentu secara alami. Yang mana akan lebih mudah dan murah serta aman bagi lingkungan dan diri kita.

Sekian dulu deh bahas hama dan penyakitnya. walaupun singkat tapi pegel juga ngetiknya hehe...

1 comment:

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...