Monday, December 26, 2016

Bunga amaryllis double flower .. Kenapa anda harus punya ?

Bunga amaryllis double flower

Hai para pembaca dan para pekebun sekalian, mungkin ada yang masih ingat tentang berita rusaknya kebun bunga amaryllis yang sempat menghebohkan dan menjadi viral di media sosial beberapa waktu yang lalu.
Saat itu semua terkaget-kaget betapa indahnya kebun bunga tersebut bahkan disebut-sebut mirip seperti di taman bunga negara Eropa.
Namun justru yang lebih mengagetkan adalah bahwa tak lama berselang kemudian ada lagi berita menyedihkan bahwa kebun bunga tersebut telah hancur.
Hancurnya bukan karena bencana alam seperti hujan badai atau lainnya.

Melainkan karena terinjak-injak oleh para oknum wisatawan lokal dadakan penghobi selfie yang ternyata perilakunya masih jauh dari menghargai alam dalam hal ini adalah tanaman.

Miris sekali ya ?
Padahal bunga amaryllis ini termasuk jenis bunga yang secara alaminya mekar setahun sekali. Sehingga seharusnya keindahannya benar-benar dihargai.

Tapi karena hal tersebut sudah terlanjur terjadi lebih baik saat ini kita fokus agar kesalahan menyedihkan tersebut kita harapkan jangan sampai terulang lagi di masa yang akan datang.


Kita harapkan agar masyarakat semakin peka dan cinta dengan berbagai jenis flora dan fauna.

Salahsatu cara supaya kita bisa memiliki kepekaan dan kecintaan akan flora yaitu dengan mulai belajar berkebun. Karena dengan berkebunlah maka kedekatan kita dengan tanaman dan alam pada umumnya akan bisa terjalin. Terserah anda ingin berkebun bunga, berkebun sayur atau keduanya.

Bagaimana dengan alasan berkebun itu sulit ?

Kalau membahas yang ini bisa panjang dan melebar kemana-mana nih.. Tapi intinya adalah berani mencoba terlebih dahulu dengan tanaman yang mudah. Bisa dicoba dengan tanaman yang perkembangbiakannya melalui umbi atau rimpang jika menanam dari biji dianggap terlalu rumit.


Untuk tanaman bunga dari umbi salahsatunya yang mudah adalah ya bunga Amaryllis ini.
Bunga dengan umbi besar ini sangat saya sarankan untuk pemula, karena cantik dan tidak susah merawatnya.
fragrant amaryllis double flower blossom peacock
Amaryllis blossom peacock mulai mekar

Cukup ditanam dan sesekali disiram saat musim panas / kemarau maka nantinya kita akan dihadiahi dengan bunga cantik yang berukuran besar.

Bahkan diantaranya ada yang beraroma harum contohnya amaryllis jewel, amaryllis blossom peacock dan lainnya.

Untuk amaryllis, sebelumnya saya sudah pernah tunjukkan beberapa koleksi bunga amaryllis dengan jenis kelopak bunga selapis atau single flowered milik saya.

Di kesempatan ini saya mau menunjukkan beberapa koleksi bunga amaryllis jenis bunga berlapis atau double flowered yang saat ini saya miliki.

Saya mulai dengan warna lembut dulu yaitu amaryllis Elvas, amaryllis blossom peacock dan Amarylis dancing queen.



Saat dulu membeli amaryllis dancing queen  pada kemasannya tidak tercantum keterangan bahwa amaryllis ini ada bau harumnya.
Tapi saat berbunga yang kedua kalinya bunganya semakin besar dan ada aroma harumnya lho..

Oh ya amaryllis dancing queen saya ada 2 versi. Yang pertama garis kemerahannya tampak lembut dan samar, yang kedua garis kemerahannya lebih terang seperti pada gambar paling awal artikel ini.
Entahlah, mungkin karena ditanam di lokasi dan media tanam yang berbeda sehingga muncul perbedaan tersebut.


Bunga amaryllis dancing queen yang lebih soft warnanya

Saya sempat tidak yakin dengan penciuman saya dan meminta suami untuk menciumnya. Ternyata memang benar ada bau harumnya.
Tentu makin berbahagia dan banggalah saya memilikinya haha...

Sedangkan untuk koleksi amarylis double flower yang berwarna terang saat ini saya memiliki amaryllis exotic peacock dan amaryllis red peacock.

Bayangkan kalau ditanam dalam jumlah banyak kemudian semuanya mekar serentak.
Bukan main cantiknya pemandangannya, mungkin taman tulip akan kalah pamornya. 
Soalnya selain warnanya yang memikat, kelopak bunganya banyak dan yang paling istimewa adalah bunganya besarrr.. 

Sebagai perbandingan di gambar paling atas adalah bunga amaryllis dancing queen di bandingkan dengan telapak tangan suami saya tercinta. 
Seorang lelaki dewasa perkasa dengan berat 75 kg lebih hehe...


amaryllis exotic peacock.. cakep warnanya oranye belang

Tapi amaryllis yang paling jadi perhatian saat mekar adalah amaryllis red peacock karena warna merahnya yang menggoda seolah menghipnotis dan memikat yang memandangnya.


Bunga amaryllis red peacock yang indah

Kalau sudah melihat yang seperti ini siapa sih yang menginginkan seikat mawar merah kalau bisa mendapatkan setangkai bunga amaryllis yang besar, megah dan mewah ?


Untuk sahabat berkebun dan pembaca yang berminat memiliki tanaman amaryllis jenis double flower ini silahkan meluncur ke halaman Stek bibit dan umbi bunga

7 comments:

  1. Dear mba Ami, amaryllis yg dobel flower memang istimewa, klo di tanah air mungkin masih jarang kali ya :D . Amar yg ada garis tipis dan tebal, nih hasil pengamatanku mbak klo pas beberapa hari mataharinya bersinar cerahh banget bakalan garisnya jadi tebal dan warnanya jd lebih terang, sedangkan klo mendung berhari-hari ya musim dinginlah nah tuh kesannya bunganya jadi kusam, pucat warnanya. Makanya aku pengen mulai nanam bulan januari aja siapa tahu matahari lebih sering bersinar :D. Btw selamat menjelang tahun baru 2017 ya mba :) . Pokoknya always happy gardening di tahun 2017 nanti hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Nella.. Selamat tahun baru juga ya :D

      Asik dapat pengetahuan baru lagi nih, berarti nanti amaryllis punyaku kutaruh di lokasi full sun saja semua biar ngejreng warnanya.
      Soalnya sekarang ini tersebar lokasi nanamnya haha...

      Salam buat bocah di rumah ya mbak, mudah-mudahan tahun 2017 makin ganteng dan pintar si calon abang ^_^

      Delete
  2. Masih banyak ya teman2 yg g menghargai keindahan bunga dan jerih payah orng yg merawatnya. Bayangkan rumput di taman kota aja jg diinjak2 and buat photo2an. saya sendiri jg sebal lihat anak/orang dewasa yg petik bunga2 saya. lha wong anak saya sendiri aja saya larang and marahi kl petik langsung di pohonnya, kcl yg sudah jatuh atau layu
    Oh ya katanya amarilis sulit berbunga di datran rendah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang prihatin kalau melihat ada orang-orang terutama yang sudah dewasa tapi tidak bisa menghargai milik orang lain atau juga milik umum :(

      Benar sekali, anak sedari kecil perlu diajarkan menghargai lingkungan dan milik orang lain. Jika memang ingin memetik ya minta ijin dulu dengan pemiliknya.
      Kalau perlu diajarkan menanam sendiri biar bisa menikmati dan memetik hasil jerih payahnya :)

      Amaryllis tetap mudah berbunga di dataran rendah. Biasanya sekitar bulan september atau oktober kalau didaerah saya. Yaitu saat akhir kemarau memasuki musim penghujan. Ada pula yang mengatakan ada cara untuk membuat amaryllis berbunga 2 kali setahun. Yaitu dibuat dorman selama beberapa minggu ditempat gelap.

      Delete
  3. Replies
    1. Insyaallah awal bulan Mei ada umbi amaryllis, rain lily dan gladiolus :)

      Delete
  4. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...
Komentar yang megandung unsur promo / jualan dan atau ketidaksopanan akan kami hapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...