Friday, April 5, 2019

Beberapa bunga musiman favorit saya

Akhirnya, tulisan pertama di bulan April 2019.
Tadinya saya ingin menyelesaikan dan memposting salahsatu diantara draft saya.
Diantaranya adalah tentang salahsatu koleksi tanaman buah berry saya yang lain yaitu blueberry.
Tapi kok mood saya kali ini malah lebih ingin menceritakan tentang bunga-bungaan ya.
Apa karena saya terbawa suasana kebun di pagi yang cerah setelah hujan melulu tiap hari.
Dan saya melihat banyak bunga bermekaran.

Teringatlah saya akan banyaknya foto di hp yang sayang kalau hanya saya saja yang memandang keindahannya.
Beberapa diantaranya merupakan bunga favorit saya yaitu cosmos dan marigold.

Tanaman bunga cosmos adalah tanaman yang terdiri dari beberapa jenis, diantaranya cosmos sulphureus dan cosmos binnipatus.
Yang biasanya dimakan adalah jenis cosmos sulphureus. Di indonesia biasanya disebut kenikir. 
Berbeda dengan jenis kenikir biasa yang biasa kita lihat yang hanya berbunga pink kecil atau kuning dan oranye biasa.
Saat ini sudah ada jenis cosmos sulphureus yang lebih eksotis bunganya.

Ada yang pink cerah menyala dan ada yang kelopaknya belang.
Contoh bunganya bisa dilihat di foto berikut :

Tanamannya tinggi dan rimbun
Berkelopak tumpuk dengan warna belang pink

Itu yang berwarna kuning dengan belang pink.
Ada juga yang berwarna oranye dengan belang kuning.

Berkelopak tumpuk dengan warna belang kuning
Beberapa mungkin berkata belangnya adalah sebaliknya. Mungkin pink dengan belang atau garis kuning dan oranye dengan garis atau belang kuning. Yah memang membingungkan seperti halnya menyebut warna belang zebra. 
Tapi hal unik lainnya karena ini bukan hibrid dan mungkin hasil persilangan dan mungkin belum terlalu stabil atau malah memang sifat bawaannya yang memang setiap tanamannya mengeluarkan bunga yang bervariasi belangnya.
Selain warna belang tersebut ada juga cosmos jenis kenikir yang bunganya pink cantik.

Tolong abaikan berantakan kebunnya >.<

Ada yang bergaris putih juga

Penggemar pink harus punya

Bunga selanjutnya adalah bunga marigold.
Bunga cantik yang di Indonesia diberi nama yang hina ini juga banyak jenisnya.
Sering dipandang sebelah mata juga hingga ketika teknologi semakin maju dan dunia terasa semakin dekat, barulah diketahui bahwa selain warna kuning dan oranye biasa ada jenis jenis tanaman bunga marigold yang cantiknya menggoda.

Ada yang belang dengan berbagai bentuk dan variasi warna.

Marigold naughty marietta

marigold frances choice

Marigold cresto spry

Marigold mr majestic


Yang polos juga ada yang unik misalnya berwarna putih seperti halnya marigold vanilla yang pernah saya tulis dulu.
Sayangnya marigold vanilla harga benihnya mahal karena merupakan termasuk jenis eksklusif. Ada versi lebih terjangkau yaitu marigold kilimanjaro yang juga berwarna putih dengan tanaman lebih tinggi. 

Marigold kilimanjaro

Yang suka marigold dengan warna biasa kuning dan oranye tapi dengan kualitas premium bisa mencoba marigold F1. Misal yang saya tanam adalah marigold Inca II primrose yang berwarna kuning muda dengan kelopak bunga tumpuk tebal dan hampir bulat atau sering disebut pompom. Marigold favorit suami saya lho ini.  

Marigold Inca II primrose

Bunganya besar
Aku cantik kan ?

Bukan penggemar warna kalem ? saya juga punya koleksi marigold yang warnanya oranye ngejreng seperti neon hehe... 
Perkenalkan marigold kees orange.

Marigold kees orange
Silau sekali warna oranye itu

Selain itu banyak sekali jenis dan warna marigold lainnya.
Ada 1 marigold favorit saya yang saya bingung masukkan kategori mana.
Marigold Tashken, yang daunnya lebih kecil dan ramping. 

Marigold tashken di sekitar brokoli

Ugh.. banyak sekali jenis marigold, bahkan masih ada beberapa yang belum saya tanam.
Tak lengkap rasanya kalau tak ada marigold di kebun saya. Paling-paling hanya berganti rupa dan warna bunganya. 
Untuk marigold tipe african yang tanamannya tinggi dan besar biasanya saya tanam untuk hiasan kebun dan bunga potong.
Sedangkan marigold tipe french yang pendek selain sebagai penghias kebun juga sebagai penutup tanah yang membantu menjaga kelembaban tanah sekaligus penolak serangga dengan aroma khasnya agar tak mengganggu tanaman sayuran saya. Misalnya pada brokoli atau kol.

Wah baru menulis sedikit ternyata kesibukan lain memanggil. 
Apa boleh buat saya lanjutkan lain kali ya.
Tetap semangat berkebun demi hidup yang indah dan demi indahnya dunia. 

4 comments:

  1. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete
  2. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  3. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete
  4. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...
Komentar yang megandung unsur promo / jualan dan atau ketidaksopanan akan kami hapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...