Wednesday, July 29, 2015

Mengenal berbagai umbi dan rimpang bunga (bagian 2)

Hai para pembaca dan kawan berkebun semua. Bagaimana kabar kalian semua ? Semoga selalu sehat dan berbahagia. Pastinya masih pada segar dong karena baru selesai liburan panjang.
Bagi kawan-kawan yang merayakan Idul Fitri setelah berjuang melawan keburukan sifat dan berhasil melakukan pengendalian diri selama 1 bulan sebelumnya, saya ucapkan selamat merayakan kemenangan ya. Semoga kita semua menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik lagi.

Selain itu saya mohon maaf jika seandainya ada kata-kata yang kurang berkenan ataupun jika saya ada berbuat kekeliruan terutama kepada para sahabat berkebun dan para pelanggan saya.

Kali ini saya mau menulis tentang topik yang ringan-ringan dulu ya. Tulisan ini adalah kelanjutan dari mengenal berbagai umbi dan rimpang sebelumnya.
Ok langsung saja kita berkenalan dengan mereka.

Umbi bunga Begonia

Begonia adalah tanaman bunga yang biasanya menyukai tempat teduh. Jenisnya banyak sekali. Ada yang bunganya kecil-kecil banyak, ada yang bunganya besar dan bertumpuk dan ada pula yang mempesona karena bentuk dan corak daunnya yang cantik. Lengkapnya bisa di cari di internet ya.
Contoh umbi begonia yang saya foto adalah umbi begonia yang jenis bunganya bertumpuk seperti mawar.
Umbi bunga begonia double flower

Kalau nanti ditanam dan berbunga maka bunganya seperti foto di bawah ini. Cantik ya..

Begonia double yellow (photo : YouTulip.co.uk)

Umbi bunga Ranunculus

Dari semua umbi bunga yang pernah saya lihat, salahsatu yang paling unik adalah umbi bunga Ranunculus. Bentuknya seperti jari-jari mungil atau mungkin mirip dengan setandang pisang ?
Yang jelas sewaktu penanaman pastikan bahwa jari-jari itu menghadap ke bawah.

Umbi bunga Ranunculus

Ranunculus ini bunganya mirip mawar. Terutama mawar old rose tumpuk. Terlihat mirip pula dengan bunga moss rose double. Hanya saja daun Ranunculus lebih mirip daun seledri.

Foto pada kemasan umbi bunga Ranunculus mix 

Umbi bunga Freesia

Bentuk umbinya kecil dan di luar sekilas terlihat seperti bawang yang lonjong. Namun jika dibuka lapisan kulit luarnya maka akan terlihat bahwa umbinya kecil dan padat bukan seperti umbi bawang yang berlapis-lapis. Bunga Freesia ini ada yang jenis kelopak tunggal maupun ganda (tumpuk).
(foto umbi freesianya nyusul belakangan karena rupanya lupa kalau belum dijepret hehe..)

Bunga freesia double
Selain punya warna-warni menarik, bunga freesia juga wangi.
Tak heran kalau kita bisa temukan berbagai pernak-pernik aroma terapi, parfum dan sabun mandi dengan wangi bunga Freesia.


Sayang sekali kalau terpaksa umbi freesia adalah umbi yang terakhir kita bahas di postingan kali ini ya. Soalnya hujan pagi ini sudah mulai berhenti dan saya harus berangkat ke kantor pos mengantarkan paket dan kiriman pesanan dari para sahabat berkebun.

Namun sebelum itu saya kasih info tambahan dari web easytogrowbulbs.com berupa gambar bentuk dan perbandingan berbagai umbi bunga. Disana juga terdapat info menarik lainnya tentang umbi-umbi bunga.

Perbandingan umbi 
Silahkan di simak langsung di tkp ya kawan-kawan..
See you next time and have a beautiful day...  

6 comments:

  1. Selamat Idul fitri mbak Ami. Unik2 ya umbi2 bunganya.
    Semoga pada numbuh bibit2nya ya :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Nella..
      Iya ini lagi semangat 45 nanam umbi-umbian :D

      Delete
    2. Semoga dapat banyak anakannya yaa :D .

      Delete
    3. aaminn.. makasih doanya mbak ^_^

      Delete
  2. Halo mbak saya Lita. Salam kenal. Boleh tanya baru2 ini aku dpt umbi freesia mau ditanam di jkt. Ada tipskah utk menanamnya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Lita,
      Freesia kalau dari pengalaman saya sih sama seperti umbi lainnya. Suka media tanam porous, sinar matahari pagi hingga jelang siang dan tidak terlalu suka lokasi yang sering terkena hujan.

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...