Sunday, April 24, 2011

Spearmint 

Kesegaran spearmint


Mint.. begitu akrab dengan kehidupan sehari hari. Dari mulai makanan, minuman sampai ke produk semisal pasta gigi. Berangkat dari penasaran akan rasa dan bentuk daun mint sesungguhnya, saya coba untuk menanamnya sendiri.
Walaupun katanya lebih mudah untuk menanam mint dari stek tapi saya memilih menanam dari biji. Dengan harapan bisa mendapatkan lebih banyak tanamannya..
mint yang saya tanam adalah jenis spearmint yang menurut yang pernah saya baca mint jenis ini lebih kuat aromanya, entah benar entah tidak.
Setelah menyiapkan media tanam saya taburkan biji mint yang bentuknya sangat kecil seperti pasir halus namun berwarna hitam, karena sangat kecil maka saya biji mint tersebut dengan sedikit pasir agar lebih mudah dan merata menaburkannya. Lalu saya siram dengan disemprot kabut menggunakan sprayer hingga lembab. untuk menyiram biji tanaman di media memang sangat dianjurkan menggunakan terutama untuk biji2 yang kecil atau halus agar tidak hanyut terbawa air.
Setelah acara penaburan selesai saya taruh potnya di temput teduh tapi terang, lalu dimulailah acara menunggu..
penantian saya tak perlu lama hari kedua dan ketiga mulailah terlihat tanda2 tumbuhnya mint tersebut, lega rasanya melihatnya.
sekarang tinggal merawatnya saja, dan setelah beberapa bulan.......
saya duduk di teras dan menghirup mint tea


3 comments:

  1. mbaaa punyaku peppermintnya baru tumbuh setelah satu minggu. hari kamis kutanam, kamis depan baru nongol. itupun aku nyebar 10 benih yang nongol cuma 3. sedihnyaaa hiks hiks hiks... kalo yang parsley, tarragon, blue sage sama herba lainnya kok malah belum numbuh e mbaa. padahal udah disiram dua kali sehari lhooo... kenapa ya? :(

    ReplyDelete
  2. kalo parsley emg agak lama mbak.. saya juga mulai nyemai lagi,blm nongol juga. Taragon jg blm pernah berhasil. Nanem herbs emg selalu bikin deg2an ya hehe. Wah,mint lumayan cepet ya tumbuh nya, selama ini hasil denger2 dan browsing2, mint dr biji lama bgt tumbuhnya.. Makasih infonya nih

    ReplyDelete
  3. @ mbak Yuliana, nanam mint dari benih emang penuh tantangan mbak soalnya benihnya kecilll banget gitu hehe.. Punyaku mungkin karena benihnya fresh kali ya makanya rada cepat tumbuhnya, ngga nyangka juga sebenarnya..

    @ Rinna, kalo parsley dulu saya pernah nanam termasuk cepat juga numbuhnya dibawah seminggu.. tapi lagi lagi ya karena mungkin dapet benihnya yang masih segaran gitu.. Kalau taragon saya belum pernah nyoba nih..

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...