Friday, April 25, 2014

Cara menanam Morning glory dan Moonflower

Sesuai judulnya, kali ini saya mau sharing tentang menyemai benih bunga Morning glory dan moonflower.
Perlu diketahui dulu bagaimana rupa benih atau biji morning glory (MG) dan Moonflower (MF) itu.
Biji MG biasanya mirip sekali dengan biji kangkung dengan warna coklat muda sampai coklat gelap. Ukurannya juga mirip benih kangkung, hanya pada Japanese morning glory yang ukuran bijinya lebih besar. Bisa dilihat pada gambar berikut ini :

Perbandingan biji MG dan MF

Pada gambar di atas terlihat bahwa meskipun sama sama moonflower tapi biji moonflower lavender berbeda jauh dengan biji moonflower putih. Kalau moonflower lavender benih dan ukuran bunganya mirip dengan morning glory biasa hanya saja mekarnya pada waktu sore hari seperti moonflower putih.

Oke, balik lagi ke cara menanamnya. caranya mudah sekali, kita hanya perlu menyiapkan benih/biji bunganya. Siapkan wadah untuk penyemaiannya, boleh pot ataupun polibek. Kemudian tanam biji tersebut dengan posisi terbaring seperti gambar di atas. Lalu tutup dengan tanah sekitar 1 cm. Untuk menyemai benih apapun perlu diingat bahwa usahakan tanah/media yg digunakan adalah tanah yang gembur. Hal ini penting agar mempermudah pertumbuhan akar dan calon untuk tumbuh dan berkembang. 

               Nah setelah selesai menyemai, lalu siramlah secukupnya agar kondisi tanah lembab. Letakkan wadah pembibitan di tempat yang terang tanpa terkena hujan atau matahari langsung. Biasanya semakin segar dan baik kualitas bijinya maka akan semakin cepat pula tumbuhnya.. Namun berdasarkan pengalaman saya biji morning glory akan tumbuh dalam hitungan hari, hal sama juga berlaku pada moonflower. 
Oh ya, beberapa orang ada yang menyarankan untuk merendam benih dengan air selama beberapa jam (terutama moonflower) untuk mempercepat tumbuhnya.
semaian JMG yang siap dipindahkan
Namun saya tidak pernah melakukannya karena selama ini dengan langsung menyemainya saja tidak sampai 1 minggu benih MG dan MF saya sudah tumbuh. Bahkan ada yang hanya dalam waktu 2-3 hari sudah mulai berkecambah. Jika benih sudah tumbuh dan anda menanamnya beberapa biji di dalam wadah, segera pindahkan bibit bibit tersebut ke wadah yang lebih besar atau langsung ke tanah agar pertumbuhannya maksimal. Hati - hati jangan sampai merusak akar maupun bibitnya ya..
Dan dalam hitungan minggu saja pertumbuhannya sudah pesat dan mulai mengeluarkan kuncup bunga. Rata rata sih dalam 4-5 minggu sudah mulai bisa menikmati mekarnya bunga ini.

Dibawah ini ada foto Morning glory jenis kikyo. Cantik kan ? hanya saja kok yang ini kayaknya diserang hama sampai daunnya bolong begitu.. hadehh...
Untung saja masih bisa menikmati bunganya.. :)

Bunga morning glory jenis kikyo blue





1 comment:

Budayakan komentar yang baik ya...
Komentar yang megandung unsur promo / jualan dan atau ketidaksopanan akan kami hapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...