Wednesday, December 31, 2014

Kabar kebun dan tanamanku di akhir tahun 2014

growing lily in hot climate
spider lily yang cantik dan wangi
Hai sahabat berkebun, postingan ini merupakan lanjutan kisah tanaman di kebun rumahkubahagiaku musim penghujan ini.
Jika postingan sebelumnya khusus tentang bunga zinnia maka kali ini saya campur saja untuk menghemat waktu dan tempat hehe..

aster ungu
Urutan pertama apalagi kalau bukan bunga, soalnya saya memang maniak bunga-bungaan hehe..
Apalagi setelah hampir tiap hari hujan atau paling tidak mendung kelabu, 2 - 3 hari ini cuaca cerah sehingga kesempatan bagus untuk foto-foto tanaman.

Di bulan desember ini beberapa yang sedang mekar selain zinnia yaitu aster ungu, meskipun selalu berbunga namun kali ini sedang banyak-banyaknya. Selain berbunga, di musim hujan ini mereka rajin bikin anakan seperti halnya strawberry. Aster ini ada yang menyebutnya dengan wild aster atau praire aster.


Yang jelas aster ini kesayangan saya karena tak pernah rewel dan tahan banting. Mau hujan atau panas mereka tetap rajin berbunga.
Kalau lagi banyak begini biasanya suka saya potong untuk di pajang di atas meja tamu.

teratai ungu 

Bunga lain yang sedang mekar adalah bunga teratai di baskom. Kali ini yang mekar teratai ungu dan sekaligus dua kuncup yang mekar. Tampaknya ikut senang karena cuaca hangat cerah.

mawar putih yang mekar
Selain itu tentu ada torenia, vinca, marigold, butterfly pea (bunga telang), mawar, spider lily dan lainnya. Kayanya ngga perlu pajang semua fotonya supaya ngga berat buka halaman ini.


buah srikaya
Ok, selanjutnya cerita tentang buah ya. Tanaman buah yang sedang semarak berbuah menjelang akhir tahun 2014 ini di kebun rumahkubahagiaku adalah buah srikaya yang manis dan lezat, buah amazon butternut yang legit manis, dan buah cherry barbados yang menyegarkan.

Buah cherry barbados ini layak sekali ditanam di rumah, karena selain cantik juga bermanfaat menyembuhkan sariawan dan flu karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Sudah sering saya coba, lumayan daripada beli obat hehe...

Kalau tak punya tempat luas tanam di wadah / pot juga bisa.
Saudara saya menanam di pot ukuran 30 tetap bisa berbunga dan berbuah kok.
Untuk jambu air sempat berbunga namun sayang rontok kena hujan deras.


growing cherry in hot climate
buah cherry barbados yng mulai merah 
Oh ya, kepada kawan-kawan yang kemarin berminat dengan biji buah tersebut di atas terutama biji amazon butternut silahkan kirim alamat melalui email ya.
Bijinya saya berikan cuma - cuma alias gratis namun mohon pengertiannya kalau saya perlu biaya Rp 10.000,- untuk mengeposkannya. Biaya itu sudah terhitung amplop dan ziplocknya lho.
Boleh juga sekalian ongkos kirim jika membeli benih di katalog happy garden.

Apalagi ada benih baru semisal benih impatiens accent star violet, benih indigo rose tomato (tomat ungu) dan paprika ungu. Pokoknya yang unyu-unyu deh hihi... Sayang karena kesibukan padat jadi belum sempat upload gambarnya :(

Demikian sekilas kabar kebun dan tanaman di rumahkubahagiaku.
Insyaallah kita berjumpa lagi di tahun 2015
Tahun baru, awal baru..

Semoga tahun baru kali ini tidak diawali dengan kembang api sebanyak tahun sebelumnya.
Bukannya apa sih, kasihan dalam semalam langit dan bumi di bombardir polusi karena orang-orangnya buang-buang rejeki hehe..
Dengan kumpul-kumpul dan mendengarkan musik serta berbagi makanan kayaknya tak kurang meriah kan..

Bukannya mengeluh tapi hanya sekedar menceritakan harapan..
Happy new year ya kawan-kawan.... :)




4 comments:

  1. Oohh aster bisa ada anakan nya toh :D . Punyaku numbuh dan berbunga cuma 2 pdhl nyebar byk, mungkin krn potnya terlalu kecil. Thn depan nyoba taruh pot besar deh.
    Mbak Ami tuh buah srikaya dimakan begitu saja atau perlu diolah dulu?. Rasanya bgm sih?.

    ReplyDelete
  2. Iya mbak Nella, asterku yg ini memperbanyaknya lewat anakan yg muncul dari batang bawah / akarnya. Justru dari biji gagal melulu.
    Srikaya susah deskripsinya, yg jelas manis dan lembut sampai anak tetangga begitu ngicip langsung bilang hmmm enaknya... Kalau orang dewasa habis nyicip langsung nyimpan bijinya buat ditanam hehe 😊

    ReplyDelete
  3. Waahh,, baru tahu ada buah itu... btw, itu tinggi pohonnya berapa, mba? bisa ditanam di pot gak yaa? hehee...
    Rasanya beneran manis, mba?

    ReplyDelete
  4. Bukan cuma manis tapi pake banget manisnya mbak hehe.. kemaren keluargaku yg kebetulan nginap pas liburan pada nyicip cuman buahnya kurang sampai bijinya ikut dimakan mentah katanya mirip rasa biji lotus hihi...

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...