Wednesday, January 14, 2015

Serba serbi awal Januari

mawar putih besar
Berbagai bunga cantik untuk taburan

Halo sahabat bloggers maupun sahabat gardeners,
Senangnya bisa mendapatkan waktu luang lagi untuk menyapa kalian dan bercerita tentang berbagai macam hal.
Postingan ini merupakan postingan pertama saya di bulan Januari 2015 ini.

Padahal tahun baru sudah setengah bulan yang lalu. Benar-benar blogger yang tidak produktif ya  ^ ^
Mohon dimaklumi karena menjelang akhir tahun 2014 hingga beberapa hari kemarin, jadwal saya (gaya benar ya hehe..) benar-benar padat. Dari menghadiri berbagai acara hingga keluarga sendiri yang mengadakan berbagai acara. Termasuk acara ziarah ke makam leluhur.
Belum lagi saya dan keluarga mendadak pulang kampung untuk mengantarkan ibunda tercinta yang sempat mengunjungi rumah keluargakubahagiaku karena kangen cucu hehe..

Tapi akhirnya ya begitu deh, saya jadi tak punya waktu untuk blogging termasuk  mengurus pengiriman pesanan benih / bibit tanaman yang masuk sehingga terpaksa Happygarden diliburkan dulu selama seminggu. Untung saja 2 hari ini di kantor pos antrian tidak panjang sehingga orderan yang menumpuk bisa segera dikirim.
Terimakasih banyak kepada kawan-kawan yang telah membeli dari toko Happygarden, semoga semua benih / bibit tanaman yang dibeli akan tumbuh subur di kebun anda semua.

Oh ya, sekedar info saja kalau niat utama saya membuka toko benih tanaman online adalah untuk menularkan  kesenangan berkebun, mengajak mencintai alam lewat tanaman serta ingin membantu orang-orang yang ingin hidup lebih sehat.

Namun tak cuma itu, saya sudah meniatkan kalau saya akan menyisihkan sekian persen dari keuntungan hasil penjualan benih akan disumbangkan untuk kebaikan dan kemanusiaan.

Nah, diawal Januari 2015 ini alhamdulillah berkat kawan gardeners, charity pertama di serahkan kepada satu keluarga yang hidup serba kekurangan dan tinggal di tempat yang tak layak huni. Meskipun jumlahnya tak seberapa namun saya harap bisa membantu mereka terutama untuk membeli makanan.
Untuk menghargai privasi serta hati mereka maka saya tak dapat mengungkapkan nama dan lokasi.
Cukuplah Tuhan yang Maha Menyaksikan yang akan mencatat kebaikan anda sekalian.

Kembali ke cerita tentang pulang kampungnya saya, ada sedikit cerita tentang beberapa penghuni di kebun ibunda saya yang tercinta.
Sekilas tentang ibunda saya adalah beliau adalah wanita yang luarbiasa. Tangguh di luar namun lembut dan penyayang di dalam. Selalu bersemangat dan senang berbagi.
Pokoknya wanita yang sangat unik dan menarik.

Buah srikaya merah
Saya pernah bercerita kalau ibu saya juga hobi menanam. Beberapa tanaman beliau yang sempat saya ambil gambarnya dengan mencuri waktu di sela-sela kesibukan.
Yang pertama adalah foto tanaman buah srikaya, kalau di kebun saya adalah tanaman srikaya hijau, maka di kebun ibu ada srikaya merah. Keduanya saya tanam dari biji dan mulai berbuah pada tahun kedua dalam pot. Bedanya srikaya saya pindah ke tanah sejak 2 tahun lalu sedangkan milik ibu baru pertengahan tahun lalu menginjak tanah hehe..
Makanya pohon srikaya saya tingginya sudah 3 meteran sedangkan milik ibu baru 1 meter lebih dikit hihi.. Tapi jangan kuatir, biarpun dipot srikaya tetap bisa berbuah walaupun tidak semaksimal di tanah.

Adapula tanaman buah belimbing, sawo, kedondong, beach cherry, delima, mangga dll. Beberapa di tanam langsung di kebun sedangkan beberapa ditanam di pot.
Buah delima di rumah ibunda
Jadi jangan takut menanam buah-buahan karena tak punya kebun atau lahan. Tahap awal pertumbuhan tanaman buah terutama yang ditanam dari biji, ada baiknya di dalam pot dulu agar tajuk pohon tidak terlalu tinggi besar. Hal ini penting agar mudah melakukan perawatan dan pembentukan tajuk pohon. Setelah mulai memasuki usia produktif dan siap atau mulai berbuah barulah di pindah tanam ke lahan / tanah kebun langsung.

Mengintip buah sawo
Cara ini sudah saya lakoni bertahun-tahun sehingga membuat orang bingung mengapa tanaman buah saya yang ditanam dari biji bisa berbuah banyak dengan tajuk pohon kecil, padahal biasanya hanya tanaman dari stek / cangkok yang begitu.

Selain buah - buahan ada pula berbagai tanaman hias daun dan bunga.
Dari tanaman daun yang bentuknya unik seperti tanduk rusa hingga salahsatu bunga wangi yang jadi favorit saya, disebut dengan bunga Yesterday, today and tomorrow karena warnanya yang berubah dalam 3 hari setelah mekar. Hari pertama kelopak bunganya berwarna ungu gelap, hari kedua ungu pucat dan hari ketiga putih.

Bunga ini dikenal juga dengan nama Manaca atau brunselfia. Bagi penggemar bunga wangi, tanaman bunga ini wajib dikoleksi. Harumnya mirip sabun mandi lux warna ungu (maaf nyebut merk). Seperti bau melati namun lebih manis dan misterius.


Bunga lainnya masih banyak jenisnya, diantaranya ada bunga entah apa namanya. Bunga ini bijinya sedang banyak sehingga bisa dibagi gratis buat yang berminat dengan mengganti ongkir. Barangkali saja ada khasiatnya.
Tanaman bunga entah apa namanya hehe..
Sebagai penutup postingan ini, saya infokan bahwa umbi yang ready di bulan Januari 2015 ini selain umbi zephyranthes, ada pula umbi spider lily (hymenocallis) warna putih yang wangi.
Contoh bunganya seperti di bawah ini
white hymenocallis
Bunga spider lily (hymenocallis) 

Silahkan kirim sms atau email yang tertera di halaman HappyGarden jika berminat. Salam hijau dan damai ya kawan-kawan..





2 comments:

  1. Aku belum pernah nanam tabulapot soalnya ditempatku pupuk mahal :D . Baca postingamu ini aku jadi pengen nanam buah juga deh mbak :) . Happy Gardening yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan dimulai mbak Nella tabulampotnya, asalkan manis dan buahnya pasti bakal rebutan sama Ben dan papanya hihi.. *ngebayangin tabulambot blueberry, cherry, dan blackberry

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...