Friday, December 5, 2014

Rainbow rose.. Is it real ?

Pernah dengar tentang rainbow rose atau mawar pelangi ?
Atau jangan-jangan sudah pernah melihat gambarnya dan malah sudah kepincut untuk memilikinya.
Sahabat tidak sendiri, banyak kok yang terpesona termasuk saya.

Sedangkan melihat mawar koleksi David Austin saja saya rasanya ngga keruan rasa karena jatuh cinta yang bertepuk sebelah tangan.
Ya iyalah, secara adanya di benua eropa sana hik hiks..
Ditambah lagi dengan adanya mawar pelangi ini, makin pusinglah para pencinta mawar dibuatnya.

Tapi sepertinya ada setitik harapan karena ternyata sekarang beredar benih mawar pelangi.
Sebenarnya kok ya kurang kerjaan nanam mawar dari biji secara butuh ketelatenan dan kesabaran menumbuhkannya. Kalau berhasil tumbuhpun perlu waktu yang lama hingga berbunga.

rainbor rose seeds
Benih mawar pelangi yang ditawarkan kepada saya
Tapi ini rainbow rose.. !! kayaknya worth to try lah... Dan kebetulan pula ada yang menawarkan benihnya ke saya.

Sedang menggebu-gebunya semangat tiba-tiba beberapa kawan mengingatkan kalau mawar pelangi itu hanya hoax alias mengada-ngada. Dicurigai hanya gambar hasil editan menggunakan photoshop saja. Ah yang benar... ? bikin down saja.
Eh tunggu dulu, jangan langsung percaya sama semua berita sebelum diselidiki kebenarannya.
Berbekal rasa penasaran, baca sana sini akhirnya inilah beberapa informasi yang saya dapatkan.

Walaupun terlihat seperti hasil editan di adobe photoshop, rainbow rose ternyata benar-benar ada.
Ditemukan oleh seorang bernama Peter van de Werke. Peter menemukan cara membuat mawar berwarna pelangi dengan cara menginjeksikan cairan berwarna dari ektraksi tanaman ke tangkai bunga mawar yang sedang tumbuh.
Nantinya cairan warna itu akan diserap oleh bunga mawar. Tentang bagaimana dan berapa banyak warna yang muncul di kelopak bunganya menjadi rahasia namun Peter punya hak paten internasional untuk mawar pelangi hasil temuan / desainnya tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap dan jelas bisa melihat ke situs Peter di Holland yaitu rainbowedroses.com

Jadi yang sudah terlanjur membeli benih mawar yang di klaim sebagai benih mawar pelangi terpaksa menelan harapannya mentah-mentah karena ternyata mawar pelangi hanya ada dalam bentuk mawar potong. Harganya juga mahal, puluhan dolar setangkainya.
Tapi tidak apalah, siapa tahu kalau menanam mawar dari benih / biji justru dapat mawar yang warnanya baru dan  unik walaupun bukan warna pelangi.

Namun sepertinya ada masih ada harapan untuk bisa memiliki mawar pelangi, walaupun bukan dari biji. Karena ada yang mengklaim bisa membuat mawar pelangi sendiri dengan cara membelah - belah tangkai bunga mawar potong warna putih atau krem lalu mencelupkannya setiap belahan tangkai ke dalam cairan warna berbeda.
Tutorialnya saya ambilkan contoh dari youtube :

Untuk mawar pelangi bisa lihat caranya di video di bawah :


Atau kalau ingin hanya punya mawar potong warna tertentu seperti mawar hijau dan mawar biru, tutorialnya bisa dilihat di video berikut 



Sebagai catatan, video tersebut di atas bukan milik saya ya, saya hanya share buat teman-teman yang tertarik ingin punya mawar pelangi. Tapi tekhnik mewarnai bunga diatas bisa digunakan untuk bunga lain seperti krisan dan lily, hortensia dll.
Silahkan bagi yang mau coba just for having fun. Hasilnya bagaimana saya tidak tanggungjawab ya hehe..


Baca Juga :




7 comments:

  1. Aku malah baru tahu mawar pelangi ini lho

    kalau di sini pernah lihat beberapa bunga dicat, masih hidup gitu bunganya, tapi hanya Saat Saat tertentu

    ReplyDelete
  2. Iya mbak, di Indonesia lagi booming rainbow rose nih.. Banyak yang lagi tertarik nanam mawar dari biji.
    Btw mbak udah bisa komen di sini rupanya.. Makasih dah mampir ya mbak Ely :D

    ReplyDelete
  3. Aq juga pernah baca ttg mawar pelangi, untung ga kemakan iklan hehe. Walau di eropa aq sendiri belum beli mawar david austin, mahal euy :D .
    Oh ya tanah air lg booming juga cabe rainbow ya? Klo itu benar ga mbak?.

    ReplyDelete
  4. Iya mbak, kalau cabe pelangi emang beneran ada. Contohnya razzamataz hot peppernya mr. fothergills.
    Tapi aku belum sempat nanam soalnya lagi nyoba nanam cabe coklat dulu hehe..

    ReplyDelete
  5. Salam kenal....

    saya juga sempet tuh beli benihnya, saking ngilernya pengen punya rainbow rose....

    setelah beli benihnya baru browsing, hehe...ternyata gak bisa kalo dari benih...

    hiks

    ReplyDelete
  6. Iya mbak, banyak juga yg jadi korban. Tapi bisa dimaklumi sih karena memang tampilannya begitu indah.
    Jadi benih yang mbak beli berhasil tumbuh tidak ?

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...