Sunday, June 29, 2014

Rahasia mengapa saya suka berkebun

Tidak sekali atau dua kali saja saya mendapat pertanyaan sekaligus tatapan heran dari orang - orang di sekeliling saya termasuk saudara - saudara saya hehe..
Semua orang bilang kenapa saya demikian repot menanam sesuatu yang nyata - nyatanya banyak di jual alias tinggal beli. Seperti sawi, pakchoy, tomat, cabe dsb yang memang tersedia melimpah apalagi di pasar.
Kalau sesuatu seperti bunga atau tanaman yang memang sulit di dapat ya masih wajarlah.. Demikian yang sering saya dengar.
Biasanya sih saya hanya tersenyum saja, trus jawab singkat sekedarnya dengan berkata ,"yah hitung - hitung olahraga sambil menghilangkan stres ". Atau kadang saya menjawab dengan nada ceria kalau beda rasanya makan hasil tanaman sendiri lho. Lalu biasanya mereka hanya berkata ohhh atau malah nyengir berkata ada - ada saja sambil berlalu.

Tapi nyatanya jawaban dan alasannya tidak sesederhana itu. Berikut saya utarakan secara lebih jelas namun tetap singkat dan padat beberapa yang saya ketahui dan saya rasakan sendiri : 
baby vegies mix segar
  1. Saya merasa lebih sehat dan bahagia karena punya hobi / kegiatan yang bermanfaat sebagai terapi hati dan pikiran sekaligus tubuh berolahraga ringan pada saat yang sama.
  2. Saya lebih merasa tenang karena saya tahu apa yang saya sajikan di atas meja makan untuk keluarga saya yang tersayang tidak semuanya merupakan makanan tidak sehat. Karena saya menanamnya sendiri. Bayangkan saja dengan berbagai macam berita pestisida, formalin, boraks dsb yang beredar di indonesia saat ini.
  3. Jika anda menanam sendiri anda bisa mengambil / memetik hanya sebanyak yang anda perlukan. Tanpa perlu mubazir membeli dalam jumlah tertentu yang biasanya disyaratkan saat membeli.
  4. Jika anda kehabisan karena mungkin lupa membelinya namun tak punya waktu untuk mencari / membeli lagi, anda tinggal pergi ke kebun anda dan mengambilnya. Bagaikan punya pasar atau swalayan sendiri nih.
  5. Dan bukan hanya omong kosong kalau saya bilang hasil dari yang ditanam sendiri lebih enak dan memuaskan. Seperti kita senang roti dan kue hangat yang baru dikeluarkan dari oven bukan yang sudah seharian atau malah entah berapa hari terpajang di toko. Begitu juga sensasi nikmatnya memakan hasil kebun sendiri. Entah itu sayur sampai singkong rasanya tetap beda rasa  dan kadang beda teksturnya. So yummyy.. Anda akan mengerti jika anda mengalami dan merasakannya sendiri.
  6. At last, kalau anda sedang ingin makan yang katanya tidak sehat seperti contoh dibawah ini, tinggal tambahkan hijau - hijauan dari kebun anda dan rasa bersalah anda akan berkurang setengahnya haha.... 
noodle with baby pakchoy
mie instant lengkap dengan telur rebus dan sayuran

4 comments:

  1. Baru baca kalimat pertama saya langsung senyum2 sendiri :D . Pertanyaan itu kadang datang dari diriku "ngapain cape2 nanam kalau bisa beli murah di supermarket?" kalau di sekelilingku sini rata2 penduduknya suka berkebun, banyak rumah tangga punya kebun sneidir di belakang atau depan rumah, bahkan kita bisa sewa lahan untuk bercocok tanam.

    Semua point yg sis Ami jabarkan benar semua :) . Klo nanam sendiri kita bisa bisa ambil sesuai kebutuhan, pas butuh eh tinggal petik dr kebun sendiri ga perlu repot ke warung atau pasar. Kita juga tahu apa saja yg kita berikan ke kebun kita, klo yg kita beli di pasar atau supermarket kita tdk tahu seberapa banyak bahan kimia baik untuk pupuk maupunanti hama di berikan ke tanamannya.

    Sorry kepanjangan komennya :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa... ada mbak Nella :D
      Iya mbak, sekedar sharing manfaat dan kesenangan berkebun :)
      Barangkali makin banyak yang tertarik dan bergabung biar orang - orangnya makin sehat dan bumi makin adem hehe..
      Terimakasih kunjungannya ya mbak Nella :D

      Delete
  2. aku pengen bgt kak nanam tanaman sendiri entah itu tanaman bunga atau buah-buahan, tapi lahan di rumah aku terbatas bgt. bisa ga kak rekomendasiin tanaman yang cocok untuk pemula dan bisa di lahan yang sempit? Makasih loh sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sri, banyak lho tanaman yang bisa dan mudah untuk ditanam di pot. Termasuk buah, sayur dan bunga.
      Untuk buah saya paling rekomendasikan mulberry karena rajin berbuah, manis, bisa diolah jadi macam-macam menu.
      Untuk sayur ada pakchoy, buncis pendek, tomat pendek, paprika mini dll.
      Untuk bunga bisa zinnia zahara, french marigold, gomphrena buddy, cosmos sonata dll. Banyak pokoknya :D

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...