Thursday, June 18, 2015

Tanamanku edisi merah (bagian 2)


Setelah pernah bercerita mengenai tanaman-tanaman di kebun yang berwarna merah di tulisan sebelumnya. Hari ini saya mau lanjutin ceritanya. Karena kebetulan belakangan ini ada beberapa tanaman yang kebetulan merona-rona merah menyemangati suasana dan keberadaan para penghuni kebun lainnya.
Saya awali dengan bunga yang merah ya..
Untuk edisi merah kali ini ada tanaman yang daunnya seperti jarum tapi tebal dan tumpul, bunganya berwarna warni dengan kelopak bervariasi dari tunggal hingga berkelopak tumpuk.
Tanamannya tinggi rata-ratanya 15-20 cm cenderung menjalar serta tahan panas sehingga cocok sekali di jadikan tanaman bunga hamparan atau landscape.
Bagaimana ? sudah bisa menebak belum dari deskripsi di atas ?
Kalau belum saya kasih petunjuk deh.. Tanaman bunga ini mekar sekitar pukul 9 dan 10 pagi.

Moss rose double red / portulaca red
Moss rose merah tumpuk
Nah pasti sudah pada tahukan kalau yang saya maksud adalah bunga pukul 10 yang bahasa populernya moss rose atau kerennya lagi portulaca.
Kebetulan saya punya beberapa jenis moss rose, di antaranya yang berwarna merah terang.
Cantik banget seperti mawar merah mini.

Kita lanjut ke bunga merah berikutnya, yang baru saja mengeluarkan bunga pertamanya.
Susah-susah gampang kalau di tanam dari biji. Tapi kalau sudah mekar begini bisa membuat yang melihat pasti mengomentari kecantikannya.
Yuk kenalan dulu dengan si vinca merah.. Tapi hati - hati ya, jangan terlalu lama menatapnya, nanti kalau jatuh cinta bisa-bisa ngga bisa tidur nyenyak karena ingin memilikinya hehe..

Red vinca
Bunga vinca merah
Beralih lagi ke bunga berikutnya, yang satu ini salah satu tanaman yang saya tanam dengan modal nekat. Saya bilang nekat karena harapan berhasilnya tipis.
Maklum selama ini bunga ini kebanyakan di tanam di daerah sejuk yang kalau di negara tropis hanya ada di dataran tinggi alias pegunungan.
Namun saat melihat bunga ini mekar, nekat itu sekarang berubah menjadi semangat.
Ini dia si Dahlia merah.. merahnya unik, cenderung gelap kehitaman sehingga terkesan eksotis.

Red dark dahlia flower
Dahlia merah 

Oke untuk bunga saya stop dulu ya.. Kita pindah topik ke tanaman buah aja, tentunya bahas yang warnanya merah sesuai temanya.
Buah satu ini bakal menarik perhatian anak - anak karena tergolong buah ceri.
Meskipun tergolong jenis ceri asam, tapi ceri ini bisa tumbuh dan berbuah dengan baik sepanjang tahun di dataran rendah meskipun dalam pot. Namanya ceri Barbados.
Saya pernah menceritakan tanaman buah ini di tulisan sebelumnya yaitu di di sini

cherry barbados fruit
Buah ceri barbados 
Kalau untuk sayuran saya ada menanam pakchoi merah, kemangi / basil merah dan jagung merah. Tapi saya ceritakan di lain waktu ya, sekarang jari dan mata sudah lumayan pegal hehe..

Oh ya, buat kawan - kawan muslim semua, di awal bulan suci ramadhan ini, saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasanya, semoga amal ibadah kita di terima olehNya.. aaminn..






2 comments:

  1. Wah aku baru tahu klo moss rose tuh bunga pukul 10, taunya selama ini si bunga pukul 4. Selamat menjalan ibadah puasa ya mbak Ami :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Nella, aku juga sejak hobi menanam baru tau kalau satu jenis bunga namanya bisa bermacam-macam hehe..

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...