Tuesday, June 24, 2014

cara menanam kacang kapri atau kacang ercis ( Pea )

benih kapri 

Sebelum mulai membagikan cerita dan tips cara saya menanam kacang kapri, mungkin lebih enaknya kita berkenalan dulu dengan sayuran yang satu ini.
Kacang kapri dan ercis ( selanjutnya kita sebut pea saja dulu ) sebenarnya adalah satu keluarga yang kemudian terbagi lebih berdasarkan what to use nya..

Jenis pea yang ditanam untuk di konsumsi biji di dalamnya di sebut Pea atau kacang ercis. Sementara Pea yang dikonsumsi bersama polongnya secara utuh dengan podnya disebut snow pea, sugar pea atau mange Tout di sini disebut kacang kapri. Biasanya enak dikonsumsi muda saat masih flat ( pipih / gepeng ). Nah sedangkan jenis yang enak di konsumsi saat masih muda sewaktu masih pipih sebagai mangetout dan polong dan pea nya tetap lezat hingga tua disebut snap pea.

Begitulah sekilas penjelasan mengenai perbedaan jenis pea yang saya tahu.
growing pea
Pea seedling
Untuk cara menanam kapri maupun ercis sebenarnya sangat mudah. Kurang lebih sama seperti menanam kecipir, yaitu tinggal menanam benih / bijinya dengan kedalaman 1 cm lalu dijaga kelembabannya. Dalam waktu seminggu biasanya benih sudah mulai tumbuh. Karena kapri dan ercis sama - sama merupakan tanaman merambat maka perlu disediakan tempat rambatannya. bisa berupa tali, kawat, bambu atau yang lainnya. Namun berbeda dengan kacang - kacangan lain yang menyukai lokasi hangat dan banyak sinar matahari, kapri dan ercis lebih menyukai lokasi yang meskipun cukup sinar matahari namun suhunya tetap sejuk. Jika tidak maka tanaman kapri / ercis akan lebih cepat berbunga namun cepat pula habis masa panennya alias singkat dengan hasil panen tidak memuaskan.

Lantas apakah untuk daerah tropis yang panas tidak bisa menanam kapri / ercis ? Tetap bisa dong.. Namun harus di lokasi yang hanya mendapat sinar matahari sebagian ( utamanya matahari pagi ) dan teduh di sisa harinya alias partial shade. Bisa juga menanam saat musim hujan saat suhu tidak terlalu panas dengan catatan bukan pada puncak musim hujan atau saat hujan sering turun sangat deras karena kuatir justru merusak tanamannya. Atau diberi naungan atap yang transparan biar air hujan tidak merusak tanaman namun tanaman masih mendapatkan sinar matahari. Yang manapun cara yang anda pilih, sebaiknya memang dicoba sendiri hehe..
growing pea from seeds
kapri mulai berbuah
Kapri dan ercis selain mudah ditanam, rasanya juga lezat dan serbaguna pemakaiannya dalam masakan, tak kalah dengan buncis lho. Dari mulai di tumis hingga di sup semuanya oke. Bahkan untuk kapri jenis mangetout dan sugar snap, dimakan mentah juga lezat karena terasa manis dan renyah. Terus terang saat mengetik saya terbayang saat memetik kapri manis sambil memakan langsung 2 - 3 buah polongnya yang manis dan renyah hmm...
Untuk masakan yang praktis dan lezat yang menggunakan kapri saya ada share di sini.
Demikian sedikit cerita mengenai saya dan kapri.. Semoga bermanfaat bagi para sahabat bloggers dan gardeners sekalian...

Kalau gardeners ingin menanam kapri sendiri, saya ada menjual benihnya. Ada yang tipe  merambat dan ada juga polong untuk di pot. Lihat di laman ini
Tentu lebih baik daripada polong beku apalagi kalengan kan ?

No comments:

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...