Saturday, June 7, 2014

Easy to grow annual cut flower ( 5 favoritku )

cahaya-4every1/simple cut flower
simple lovely cut flower

Bertahun-tahun sudah rasanya hobi menanam ini menjadi bagian dari diriku. Selama bertahun-tahun itu juga saya telah menanam berbagai macam tanaman. Dari buah-buahan, sayuran, dan tentu saja bunga-bungaan meskipun hanya secara sederhana dan skala rumahan dengan lahan terbatas.
Berbicara mengenai kebun dan taman, kebun atau taman mana sih yang lebih indah dibandingkan kebun dan taman yang di dalamnya juga di penuhi berbagai macam bunga. Entah hanya berukuran kecil atau beruntung memiliki tanah kebun yang luas, tapi bunga-bungaanlah yang sesungguhnya membuat semuanya lebih terlihat ceria. Bagaikan bintang-bintang di langit atau permata yang berkilauan di tengah kehijauan.

Nah, selama berkebun ini ada beberapa macam bunga yang sangat jadi favoritku. Sesuai judul di atas, bunga 5 teratas daftar bunga semusim yang bisa dijadikan bunga potong karena sangat mudah tumbuh dan tidak terlalu rewel dalam perawatan dan cantik untuk dijadikan bunga potong untuk ditaruh di rumah sebagai hiasan. Bahkan kadang sampai tak sempat di foto bunganya karena seringkali asyik dipotong dan di bawa masuk rumah. Bunga ini juga mudah dan cepat berbunga, rata rata hanya perlu 8 minggu maksimal 3 bulan sudah mulai berbunga. Plus lagi biji / benih bunga ini ukurannya termasuk besar hingga memudahkan proses penyemaian dan penanamannya.
Makanya bunga ini cocok bagi anda pemula atau penyuka bunga namun tak punya cukup waktu untuk merawatnya.
Hanya berikan tanah gembur yang tak masalah jika tak terlalu subur, sinar matahari yang hangat dan sesekali disiram, sudah membuat bunga - bunga ini sangat berterima kasih dan menghadiahi anda dengan kecantikannya..

Zinnia ungu 
  1.  Cosmos : Bunga yang hadir dalam berbagai bentuk dan warna diantaranya merah, pink, putih, kuning dan oranye bahkan coklat (meskipun langka) dengan daun unik dan cantik pula. beberapa cosmos yang pernah saya tanam lihat di sini
  2.  Zinnia : Bunga yang kaya dengan berbagai ukuran dan warna, serta tahan lama mekarnya.. Zinnia lain yang pernah saya tanam bisa dilihat di sini 
  3. Marigold : Sering disepelekan karena daunnya yang mempunyai aroma yang dianggap tidak menyenangkan bagi sebagian orang, namun ternyata bermanfaat sebagai companion plant. Hadir dalam warna segar yaitu kuning, oranye dan merah dan perpaduan ketiganya. Adapula yang putih namun ini hybrid dan masih sulit didapatkan. 
    orange marigold
  4.  Gomphrena : Bunganya berbentuk bulat agak lonjong kecil bagaikan telur burung menurut saya hehe... Cantik dan tahan lama sebagai bunga potong. Hadir dalam berbagai warna ceria kecuali sepertinya kuning dan biru 
  5. Sunflower : Sering jadi pusat perhatian karena bunganya yang cerah dan besar. Dulu bunga matahari yang umum dikenal dan dilihat adalah yang tanamannya besar dan bunganya berwarna kuning yang ukurannya hampir kalau tidak bisa dibilang sebesar piring. Namun sekarang bunga matahari juga ada yang berwarna kemerahan bahkan malah putih kekuningan Serta ada yang berukuran kecil pula tanaman dan bunganya. Adapula yang unik, tanamannya kecil namun bunganya besar. Banyak pilihan pokoknya..
So, bagi penggemar cut flower mari tanam sendiri bunga potong anda.. Selain mendapatkankan supply bunga indah gratis dan udara bersih, anda juga akan dapatkan kesegaran dari hijaunya dedaunan. 
Siapa yang tak suka duduk santai bersama orang terkasih diantara keindahan bunga ditaman atau sekedar duduk dan makan bersama di meja yang dihiasi bunga indah yang anda petik dengan tangan sendiri. Sungguh romantis dan membuat bahagia..

Untuk bunga-bunga di atas saya ada menyediakan beberapa diantaranya. Jika berminat menanamnya silahkan tengok laman ini ya gardeners..



No comments:

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik ya....