Wednesday, June 11, 2014

Resep muffin jagung lezat

cherry barbados
corn muffin with barbados cherry

Pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi resep kue muffin jagung yang enak. Kue muffin ini enak disajikan dan disantap kapan saja. Untuk sarapan misalnya disajikan bersama secangkir kopi, sehabis makan siang, sebagai snack pendamping minum teh kala sore hari atau teman menonton televisi bareng keluarga pada malam hari.
Bahkan bisa jadi alternatif diet yang menyenangkan (menurut saya sih) bagi yang sedang berkelebihan pada berat badan. Caranya cukup menyantap 2 buah muffin sebagai pengganti nasi dan aneka lauk pauknya. Dan muffinnya bisa di modifikasi dengan tambahan cincangan wortel dan kacang polong (ercis). Dan jagung bisa diganti dengan labu merah atau ubi jalar kuning. Semuanya lezat kok..
Nah kali ini saya sharing resep muffin jagung sebagai basicnya, karena paling simple dan bahan mudah didapat. Nanti terserah anda mau di modifikasi bagaimana dan dengan tambahan apa..
Ok, ini dia :
mengocok adonan muffin
kocok hingga mengembang

Muffin jagung ala rumah bahagia :

Bahan :
  • 250 gr tepung terigu
  • 3 butir telur ayam
  • 150 gr gula pasir (tergantung selera) jika ingin lebih manis tinggal tambahkan
  • 1 buah jagung manis yang disisir (bisa diganti krim jagung manis kalengan)
  • 25 ml susu cair
  • 200 gr butter / margarin dilelehkan
  • 1/2 sdt baking powder (optional)
  • sejumput garam
Cara membuat :

  1. Ayak tepung terigu, sisihkan
  2. Tumbuk kasar / blender kasar butiran jagung tambahkan susu cair, aduk rata dan sisihkan
  3. Kocok telur ayam, gula dan garam hingga mengembang. Masukkan terigu dan baking powder aduk perlahan lalu tambahkan jagung, aduk rata.
  4. Terakhir masukkan margarin cair lalu aduk perlahan hingga tercampur rata.
  5. Tuang adonan kedalam cetakan muffin yang telah di olesi margarin atau dilapisi kertas cupcake. Saat menuang jangan sampai terlalu penuh karena nanti adonan akan mengembang saat dipanggang.
  6. Panggang muffin di oven selama kurang lebih 20 menit
Adonan di atas jadinya sekitar 16 buah muffin lho. Bagi saya itu standar di rumah, kalau kurang dari itu ngga puas makan muffinnya, yang segitu aja masih berebutan begitu baru selesai dipanggang. Kalau ingin lebih tinggal dihitung dan diperkirakan takaran bahannya. 
cetakan muffin
Tuang ke cetakan muffin

Oh ya tips bagi anda yang menggunakan double pan semisal happy c**l seperti yang saya coba sekarang, gunakan hanya dengan api kecil. Meskipun hasilnya tidak sesempurna dengan oven namun rasanya tetap lezat kok. Dan topping juga bisa anda sesuaikan selera, kalau saya pakai irisan buah cherry barbados
Gimana ? ternyata mudahkan membuat muffin sendiri.. Yang bisa anda kreasikan suka - suka dan disajikan hangat fresh from the oven dijamin hanya datang dari dapur anda. Dan dijamin anda dan keluarga bakal ketagihan menyantap muffin buatan sendiri.


Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...