Monday, May 19, 2014

Resep Ikan patin panggang dan goreng yang mudah dan enak

ikan patin panggang
Biasanya anak-anak kurang menyukai ikan, kalau pun suka mereka hanya menyukai ikan tertentu dan dimasak dengan masakan tertentu. Untunglah Tuhan menganugerahi saya dengan anak yang pintar dan baik serta tidak terlalu rewel dalam hal makanan. Apalagi jika itu masakan yang dibuat oleh mama atau neneknya. Dia akan dengan senang hati dan lahap memakannya lalu memujinya. Walaupun itu adalah menu yang jarang disukai anak-anak seusianya, contohnya adalah ikan. 
Dia suka dengan berbagai jenis ikan dalam berbagai menu masakan. Digoreng, Dipanggang maupun di buat dalam masakan berkuah. Dari berbagai jenis kesukaannya, saya akan berbagi salahsatunya yang sangat simple yaitu ikan patin panggang atau roasted cat fish katanya haha...
Bahan : Ikan patin ukuran agak besar dibersihkan kemudian dipotong melintang lalu diberi air jeruk nipis
             1 batang serai dipotong potong
             garam secukupnya
             air 1 gelas

Bumbu dihaluskan : 5 siung bawang merah
                              3 siung bawang putih
                              1/2 cm kunyit
             

ikan patin goreng
Cara membuatnya : Campurkan potongan ikan dengan bumbu halus. Masukkan kedalam panci lalu tambahkan serai, air dan garam lalu rebus hingga mendidih lalu matikan. Jangan sampai merebus terlalu lama karena tekstur ikan akan hancur. Tujuan perebusan hanya sampai mendidih adalah agar bumbu meresap. 
Setelah selesai, dinginkan dan angkat ikan dari air kuahnya. Lalu masak sesuai selera ingin dipanggang atau digoreng. 
Jika dipanggang, tinggal panaskan pemanggang beri sedikit minyak atau margarin lalu panggang ikan sambil dibolak balik hingga matang. Sajikan dengan pelengkap sayur kesukaan anak. Anak saya sih doyannya stir fry bean and carrot. 
Jika masih ada sisa ikan yang belum ingin atau belum sempat dimasak, bisa disimpan dalam wadah lalu dimasukkan ke kulkas untuk digoreng nanti.
Praktis kan ?


Baca juga :

Baby corn and pea stir fry



             
             
           

No comments:

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...