Wednesday, May 14, 2014

Menanam teratai dalam baskom

Judulnya kok terdengar menyedihkan ya ?
Well, sebaiknya ngga usah dibahas kalimat yang menggambarkan kemauan yang kuat namun keterbatasan menghalangi *halah lebay...
Tapi jujur deh siapa sih yang ngga terpesona jika melihat lotus dan teratai yang tengah mekar di kolam ?
Pasti membuat seseorang merasa sejuk dan romantis.. Nah bagaimana jika anda ingin membawa perasaan itu ke rumah anda, namun tak punya lahan dan mungkin dana (atau malah kedua-duanya hihi..) yang cukup untuk membuat kolam ?
Jangan putus asa dulu, ibarat kata pepatah tak ada rotan akarpun jadi maka tak ada kolam baskompun jadi hehe.. Caranya sebenarnya ngga serumit yang dibayangkan
Cukup menyiapkan baskom berukuran besar yang biasa dipakai untuk mencuci / membilas pakaian. Saya menggunakan yang bekas saja (irit mode on) lalu di isi tanah hingga sepertiga sampai setengah tinggi baskom lalu isi dengan air hingga baskomnya hampir penuh.
Kalau contoh milik saya di gambar di bawah ini airnya tinggal segitu gara-gara suka diambil emak sedikit sedikit buat nyiram tanaman sayur atau bunganya hehe..

Blue water lily aka teratai biru

white water lily alias teratai putih

Setelah selesai, diamkan selama 2-3 hari hingga air jernih dan agar hama yang ada ditanah mati lalu tanam bibit teratai secara hati-hati pada tanah dalam baskom tersebut. Oya baskom mesti diletakkan ditempat terang lho ya, atau yang kena matahari pagi dulu, jika sudah mulai kuat dan beradaptasi baru bisa mulai terpapar matahari lebih lama.
Jika bibit dan kondisinya kolam baskomnya bagus maka teratai sudah mulai berbunga pada usia 3-4 bulan.
Biar rajin berbunga beri pupuk namun secukupnya, maksimal 2 minggu sekali.. boleh pupuk cair boleh yang butiran.. Namun hati-hati jangan sampai over dosis dan untuk pupuk yang berbentuk butiran sebaiknya dibungkus kain atau koran terlebih dahulu dan menaruhnya jangan didekat akar.. Jauhan dikit ya...

Dan untuk mempercantik serta mencegah jentik nyamuk, kita bisa memasukkan 2-3 ekor ikan kecil pemakan jentik seperti ikan mas koki dsb ke dalamnya..
Nah bukan mustahilkan punya teratai walaupun tanpa memiliki kolam...


2 comments:

  1. Teratainya dutumbuhin dari biji apa bukan mbak? Kalo iya caranya gmna ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau teratai saya menanamnya dari anakannya.
      Kalau lotus atau seroja dari benih, lebih gampang karena benihnya berukuran besar. Tinggal dicemplungin ke baskomnya hehe...
      Atau bisa disemai direndam di gelas plastik bekas wadah minuman, taruh di tempat yang kena sinar matahari terutama pagi.
      Tiap 2 hari sekali airnya diganti hingga serojanya tumbuh :D

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...