Tuesday, May 13, 2014

Membuat pizza sendiri

delicious homemade pizza 

Suatu waktu kita bisa terserang rasa malas, entah malas dalam bentuk apa saja. Salahsatunya diantaranya tiba-tiba malas makan. Nah hal ini kerap terjadi pada saya, bukan sakit atau ngidam tapi hanya lagi malas aja makan. Terutama jika menunya lagi tidak pas dengan selera..
Nah suatu hari pernah keserang malas makan nasi, maunya selain dari itu, entah roti, ubi, mie pokoknya lagi ngga nafsu sama nasi. Tapi kan tetap harus makan, soalnya telat makan perut dah kelimpungan dan kaki mulai gemeteran hehe.. Jadilah sibuk sibuk didapur bikin ini itu, diantaranya bikin pizza.
Jadi ikutan lapar saat membacanya ? Yuk intip resepnya...


Resep pizza enak ala saya :

Adonan pizza :

300 gr tepung terigu
1 sdt ragi instant
150-200 ml air hangat
2 sdm minyak zaitun (minyak sayur juga bisa)
1/4 sdt garam
sejumput gula 

Topping :

pipilan / sisiran jagung
potongan nugget ayam
potongan kentang yg sudah di rebus / digoreng
potongan tomat dan paprika segar 
irisan jamur dan buah zaitun kaleng

Buat adonan pizza dengan campuran adonan yang tertera di atas. Pertama di dalam wadah campurkan bahan kering lalu masukkan bahan cair. uleni hingga kalis.. Bulatkan, tutup dengan lap basah/plastik hingga mengembang 2 kali lipat ukuran semula, (kurleb 1 jam).
Setelah mengembang kempiskan adonan, bentuk bulatan lalu pipihkan.. olesi dengan saus tomat lalu susun dan taburkan bahan topping..
fresh from the oven
  Jika suka boleh tambahkan potongan keju mozarella diatasnya sebagai finishing, namun karena saya bukan penggemar berat keju saya hanya menyemprotkan sedikit mayonaise.
Setelah selesai diamkan 10 menit lalu panggang di oven hingga matang.
Siap di nyam nyam deh *_^

Oh ya, sekedar tips.. Jika adonan terlalu kering boleh tambahkan sedikir air, sebaliknya jika terlalu basah cukup tambahkan sedikit tepung. Dan untuk topping bisa di variasikan sesuai situasikondisi dan selera anda..


Baca juga ;







No comments:

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...