Thursday, May 15, 2014

Sawi australia ?


bunga sawi australia yang cantik
 Dikala banyak waktu senggang saya lebih sering memanfaatkannya dengan menanam.. Terutama yang indah dan bermanfaat. Salahsatunya saat iseng santai berselancar di internet mengenai sayuran, tertumpu pandangan saya pada sosok tanaman yang dipromosikan penjualnya dengan nama sawi australia. Ini betulan sawi bukan ya ? Kok tidak mirip.. tapi kok cantik.. 
Daripada sibuk memikirkannya saya putuskan menghubungi penjualnya dan menanyakan ketersediaan benihnya. Singkat kata, benih saya terima dan saya segera mulai menanamnya.

sawi australia yang gundul karena sering dipetik
Cara menanam sawi australia ini saya samakan saja dengan cara menanam benih sayuran lain yang berukuran kecil yang biasa saya lakukan. Tebar di media dalam wadah, lalu tutup dengan selapis tipis tanah. basahi secukupnya dengan siraman air secara perlahan taruh ditempat teduh tapi terang.

Singkat cerita lagi, sawi-sawi tersebut mulai tumbuh hari demi hari semakin besar dan rimbun. Wah, saya semangat melihat sayuran kalau cantik begini. Tapi bagaimana dengan rasanya ?
Ini bagian serunya, icip-icip... !!  
Menurut sellernya daripada mencabut tanamannya lebih baik memetik helai demi helai daun dari bagian paling bawah sehingga tanamannya masih bisa berproduksi terus menerus. Benar juga sih, sayang benar susah payah ditanam terus dicabut dan kemudian langsung habis masuk perut. Lagian eman nih sayur kan cantik..
Mengenai rasanya, ini dia reviewnya :
Saat mentah mirip selada, renyah dan samar ada sedikit rasa sepat atau pahit ? *bingung
Setelah dimasak jadinya memang terasa seperti sawi, daunnya lembut dan tangkainya renyah..
Ok deh sawi australia, you have permanent spot in my garden...
panen benih sawi australia



2 comments:

  1. Kalau boleh tau nama lain dari sawi australia ini apa? Karna sangat sedikit pembahasan tentang sawi ini, makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Adam,

      Kalau dilihat sepintas sih daunnya mirip dengan yang di luar negeri dinamakan Red veined sorrel.
      Tapi saya tidak berani langsung menyebut sawi australia ini dengan nama tersebut. Karena cuma berdasarkan hasil kesimpulan dari pengamatan saja.

      Sayangnya dulu penjualnya juga tidak tahu nama resmi alias nama internasionalnya.
      Kadang kesulitan dari membeli benih lokal ya begitu, dinamai dengan nama lokal juga dengan penjual yang tidak tahu nama sebenarnya.
      Malah kadang lebih parah salah penamaan karena kemiripan seperti contoh kasus salvia atau angelonia ungu dijual dengan nama lavender.

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...