Friday, May 30, 2014

Pupuk alami (dari kulit telur)

Telur ayam

Saat di sekolah kita belajar tentang berbagai macam vitamin dan mineral serta manfaatnya. Vitamin A , B, C, D, E, K. Mineral seperti Zat besi (iron), Magnesium, Kalsium dan sebagainya. Nah yang saya sebutkan terakhir yaitu Kalsium diperlukan manusia untuk metabolisme tubuhnya. Termasuk untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun apa sih sumber Kalsium itu ?
Selain pada susu, yoghourt, dan keju, kalsium juga terdapat pada makanan lain termasuk sayur, buah dan ikan terutama tulangnya. Makanya kita sering dianjurkan sebaiknya memakan ikan kecil beserta tulangnya sebagai asupan yang memenuhi kebutuhan kalsium harian.
Selain tulang ikan apalagi sih sumber kalsium lainnya ? Jawabnya adalah cangkang telur alias si kulit telur.

Semua tahu kalau cangkang telur mengandung kalsium. Makanya kita sering melihat di televisi iklan pasta gigi yang menggunakan telur sebagai perumpamaan dari gigi.
Lha meskipun begitu siapa sih yang mau mengonsumsi cangkang telur yang kelewat renyah itu.. Biar berkalsium tinggi juga ogah kalau sampai segitunya hihi...
Eits tapi jangan buru-buru dibuang dong cangkang telurnya.. Tahukah anda kalau ternyata tumbuhan dalam metabolismenya juga memerlukan beberapa mineral, termasuk kalsium. Jangan bayangkan tulang dan gigi ya hehe.. Tapi untuk berbagai alasan kesehatan mereka (haaa...) termasuk menguatkan bakal bunga dan buah agar tidak mudah rontok, juga untuk mencegah BER .
kulit telur dihancurkan
Lalu kulit telur hewan apa saja yang bisa dimanfaatkan ? Sepengetahuan saya sih semua kulit telur kurang lebih sama saja jadi bisa dimanfaatkan. Yang sering dan mudah didapat ya dari unggas, kecuali selain gardener anda juga sekaligus pawang ular atau buaya jadi tidak ada masalah memperoleh kulit telur mereka hehe..

Cara memanfaatkan cangkang / kulit telur ini sangat mudah. Setiap anda menggunakan telur pada menu makanan tinggal kumpulkan dan di kering anginkan di udara terbuka. Setelah kering masukkan kedalam plastik lalu anda pukul-pukul kulit telur tersebut hingga remuk menjadi butiran-butiran kasar. Gampang banget kan ? Nah tinggal anda campurkan pada media tanam, yang selain menjadi nutrisi pada tanaman, juga membantu memperporos media tanam.
Atau anda bermasalah dengan siput, bekicot dan sebangsanya ? yang senang sekali menyantap daun muda pada pucuk atau malah semaian bibit tanaman yang baru tumbuh lenyap tinggal batangnya doang. Pasti geregetan kan ?
ditaburkan di sekeliling tanaman
Salahsatu solusi alami tinggal taburkan merata pada sekeliling dekat pangkal batang tanaman anda. Biasanya mereka akan malas mendekat karena tak suka menyeret tubuh lunak mereka pada tumpukan tekstur kasar dan tajam butiran-butiran kulit telur tadi. Ibarat manusia ngga pakai alas kaki di suruh menyusuri jalanan penuh kerikil tajam pasti tersiksa.
Oh ya gambar diatas itu mungkin saya terlalu semangat naburin kulit telurnya. selain emang lagi banyak kulit telur bekas bikin kue, separoan karena saya paranoid aja bibit kembang kolnya bakal dilalap siput  ^ ^'

So intinya demikianlah sedikit tips menggunakan kulit telur sebagai pupuk alami, semoga para gardener bakal makin semangat nih terutama yang hobi masak, karena bisa tersalurkan kedua bakatnya sekaligus dengan telur hohoho...

No comments:

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik ya....