Friday, May 16, 2014

Bunga zinnia (whirlygig edition)

 Ada perasaan sentimentil sekaligus senang saat melihat kupu-kupu, apalagi jika mereka berterbangan di 
 hamparan bunga. Bagaikan sebuah kepingan surga yang dijatuhkan Tuhan ke bumi agar para hambanya lebih semangat berusaha meraih status penghuni surga kelak. Semoga kita termasuk yang abadi di dalamnya.. aminnn.... 
yellow zinnia whirlygig

Bicara lagi mengenai kupu-kupu, semua tahu kalau serangga cantik ini menyukai bunga. Berbagai macam jenis bunga. Namun ada jenis-jenis bunga yang sepertinya sangat disukai kupu-kupu, bahkan keberadaan bunga-bunga ini seperti magnet yang mengundang kedatangan kupu-kupu. Salahsatunya adalah bunga zinnia, yang di Indonesia sering disebut bunga kertas. Zinnia merupakan jenis bunga yang kaya dengan berbagai macam bentuk dan warna. Juga dengan berbagai ukuran dari yang pendek seperti zinnia liliput, zinnia persian carpet, zinnia thumbellina dan lainnya hingga yang berukuran tinggi semisal zinnia pompon, zinnia dahlia, zinnia cactus, zinnia california giant dan lain-lain.
Zinnia merupakan satu dari 5 bunga annual kesukaan saya. Sangat mudah ditanam dan tidak rewel dalam hal perawatan bahkan bisa dibilang minim perawatan.
Bunga-bunganya yang bermekaran memiliki daya tarik yang mengundang perhatian baik manusia maupun hewan khususnya serangga.
pink zinnia whirlygi
Saya sudah membuktikannya sendiri dengan menanam bunga zinnia berbagai jenis, termasuk zinnia whirlygig.

Zinnia whirlygig adalah zinnia hybrid dengan kelopak bunga yang memiliki 2 atau lebih corak warna dalam satu tangkai bunganya. Bunga ini juga terdiri dari berbagai macam warna bunga, seperti putih, kuning hingga ungu. Pada zinnia whirlylig yang saya tanam mempunyai keunikan tersendiri. Ada yang belangnya di bagian dalam namun ada pula yang yang belangnya di bagian luar. Namun semuanya cantik dipandang. 
Jika ingin tahu, cara menanam bunga zinnia whirlygig ini sama saja mudahnya dengan cara menanam zinnia yang lain. Cukup menanam biji atau benihnya secara mendatar atau rebah pada media tanah gembur kemudian ditutup dengan sisa tanah setebai 1 cm. Dijaga agar jangan sampai mengalami kekeringan atau terlalu basah serta cukup mendapat cahaya matahari pagi terutama pada masa awal pertumbuhannya maka pertumbuhan tanaman bunga zinnia akan subur. Dan dalam waktu kurang dari 3 bulan semarak bunga zinnia dan kehadiran kupu-kupu jadi kenyataan. Selamat menikmati salahsatu pesona kepingan surga anda di dunia...


2 comments:

  1. Pengen deh nanem zinnia yg bicolor kyak gitu.. prnah pesen d tokopedia malah dikirmnya yg zinia biasa.. udh complain malah dibilangnya itu sama aja.. yg mix katanya.. padahal d kasanya jelas2 beda... :-( Nanya juga dong mbak, jenis zinnia apa aja yg cocok d dtaran rendah.. (zinnia yg bicolor)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua zinnia cocok di dataran rendah. Paling zinnia yang warna hijau yang perlu setengah ternaungi supaya warna hijaunya lebih muncul.
      Dicoba lagi aja menanam zinnianya, siapa tahu lain kali berhasil dapat zinnia yang bicolornya :)

      Delete

Budayakan komentar yang baik ya....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...