Tuesday, May 13, 2014

Zephyranthes lily, si lily hujan..

Pink zephyranthes jumbo

Mendengar dan membayangkan bunga lily pasti yang terlintas dipikiran kita pasti kecantikan yang mahal.. Tentu saja karena sudah sejak dulu kita diberi gambaran kalau bunga lily sulit diperoleh di Indonesia karena tidak cocok dengan iklim negara kita ini.



White zephyranthes
Hmm.. tapi sebelum percaya 100 % ada baiknya kalau mengenal bunga lily terlebih dahulu.. informasinya bisa dilihat disini 
Salah satu jenis adalah zephyranthes atau lebih sering disebut rain lily alias lili hujan. Penamaan ini dilatarbelakangi karena bunga ini biasanya muncul dan bermekaran setelah hujan, dengan kata lain hujan merangsang (*ups bahasanya) bunga ini untuk berbunga terutama setelah beberapa waktu kering. 
Tanaman bunga rain lily ini tampilannya mirip dengan rumput namun mempunyai umbi yang berbentuk seperti bawang merah. Dengan umbi inilah biasanya perbanyakan tanaman zephyranthes diperbanyak. Bunga ini disenangi karena minim perawatan namun berbunga indah walaupun mekarnya hanya tahan 1 - 2 hari saja.
Namun karena setiap hari ada yang mekar maka seolah-olah bunga ini berbunga serentak tiada henti. Apalagi jika ditanam sekaligus banyak membentuk hamparan.
Informasi mengenai bunga rain lily ini cek di sini Zephyranthes

Alasan lain bunga ini disukai karna saat masih kuncup sekilas terlihat menyerupai crocus dan tulip. Makanya ada yang menyebutnya pula tulip tropis karena kemiripan itu namun lili hujan ini mudah dan adaptif tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia. Oleh sebab itu semakin banyak orang yang menanam bunga ini, termasuk saya hehe..


mirip tulip kan ?
Foto diatas sebenarnya masih rada telat, jika sedikit lebih pagi kuncupnya akan lebih mirip lagi dengan tulip. Tapi berhubung pagi-pagi banyak acara plus nyari-nyari kamera ya tertunda dulu sesi pemotretannya  ^ ^
Bunga lili yang saya koleksi baru terbatas 2 macam warna saja yaitu putih dan pink. Yang meskipun hampir tak pernah dirawat namun tetap ikhlas mempersembahkan kecantikan mereka silih berganti. Jadi zephyranthes ini termasuk penghuni tetap yang akan selalu ada di mini garden saya. Mudah-mudahan nanti bisa bertambah koleksi zephyranthesku.

*Update : sekarang saya sudah berhasil menambah koleksi yaitu zephyranthes yang kuning.

Kalau gardeners ingin membeli bibit umbi bunga zephyranthes ini, silahkan hubungi saya ya. Jelasnya bisa dilihat di laman ini  ^_^

Baca juga :
cara menanam dan menyelamatkan umbi bunga lily
Menanam bunga Zinnia
Menanam cosmos double click








6 comments:

  1. bisakah bunga lily ditanam di pot? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunga lily bisa kok ditanam di pot. Hanya ukurannya saja yang disesuaikan. Jika termasuk bunga lily yang tinggi dan besar tentu ukuran potnya harus besar, sementara jika termasuk bunga lily yang pendek atau kecil bisa menggunakan pot lebih kecil :)

      Delete
  2. beli umbi lily dimana ya mbak ?? thanks

    ReplyDelete
  3. Umbi bunga zephyranthes lily yang bunga besar saya beli di toko bibit tanaman bunga online mbak. Sedangkan umbi zephyranthes yang bunganya kecil saya mendapatkannya di nurseri daerah tempat tinggal saya.. :)

    ReplyDelete
  4. waktu dr kuncup bunga sampe mekar butuh berapa hari mba?

    ReplyDelete

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...