Thursday, May 15, 2014

Menanam tomat cherry

Red cherry tomato
Tomat, salahsatu yang hampir tidak pernah tidak ada dalam menu harian. Entah dalam bentuk irisan pada sandwich, potongan pada masakan berkuah, diulek bersama cabe untuk dijadikan sambal, dibuat jus, sampai diolah menjadi saus tomat dan seterusnya.. dan seterusnya...
Maka daripada itu rugilah orang yang tidak mau menanam tomat hehe..
Dilihat dari jenisnya ada berbagai macam jenis tomat, termasuk berbagai bentuk dan warna. Dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besarrr..
Dari yang berwarna merah seperti yang biasa dilihat sampai warna-warna unik dan indah seperti kuning, pink, coklat, ungu hingga kehitaman bahkan beberapa tomat tertentu memiliki berbagai campuran warna pada tiap buahnya...


Jadi tak ada alasan untuk tak jatuh cinta dan menanam tomat, bahkan jika seseorang itu bukanlah penggemar tomat. Bahkan untuk yang punya alasan ketidaktersediaan lahan bisa menanam jenis tomat kerdil yang ukurannya bisa disesuaikan dengan wadahnya.. Beberapa tomat yang pas untuk ditanam di pot adalah minibell tomato, red robin tomato, micro tom tomato hingga si mungil Tiny tim tomato.
Untuk mencari informasi lebih lengkap mengenai jenis tomat untuk di tanam di pot, cobalah cari di internet dengan kata kunci dwarf tomato varieties atau best varieties heirloom tomato for container.


Balik lagi pada kegemaran menanam saya, maka tidak afdol dong kalau tidak menanam tomat, cabe dan sayuran lainnya yang sering di gunakan pada masakan.

Kali ini saya mau berbagi kisah tentang pengalaman serta cara menanam tomat. Untuk sesi pertama saya pilih tomat cherry dulu. Sebenarnya cara menanam tomat cherry tak ada sulitnya.. Jika anda membeli benih yang biasa dijual dalam kemasan maka yang anda lakukan cukup meletakkan benih tomat pada tanah lalu ditutup dengan tanah gembur dengan ketebalan 0,5 sampai maksimal 1 cm. Lalu siram dengan air dan letakkan ditempat yang aman dari sengatan panas matahari atau hujan deras.
Namun jika anda ingin menanam tomat cherry dari buah tomat yang segar maka ada beberapa hal yang anda harus lakukan terlebih dahulu agar mempermudah germinasi benih tomat tersebut. 

tomat yellow pear yang masih hijau


Benih tomat termasuk benih yang menyenangkan untuk disemai karena mudah tumbuh hanya dalam beberapa hari saja. Dan pertumbuhannya juga lebih cepat sehingga saat memasuki bulan ketiga kita sudah bisa memetik tomat segar dan menyehatkan langsung dengan tangan di rumah kita sendiri. Rasanya jauh memuaskan hati daripada anda membeli tomat yang entah sudah berapa tangan yang memegang atau sudah berapa lama beredarnya (yang kemungkinan malah dipetik sebelum matang benar), belum lagi mungkin penuh paparan pestisida >_<
Oleh sebab itu cobalah untuk beralih ke kebun anda sendiri, mungkin kita tak bisa menanam semua yang akan kita konsumsi namun paling ada beberapa hal dan beberapa saat yang kita bisa merasa senang dan tenang saat menikmatinya.
Dan sebelum anda semua jemu lebih baik saya sharing saja beberapa tanaman tomat cherry yang pernah saya tanam.. memang masih jauh dari sempurna (karena memang bukan petani tomat hehe..) tapi saya bahagia apalagi kalau itu merupakan pengalaman pertama. Semoga bisa menginspirasi anda  ;-)

No comments:

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...