Friday, May 2, 2014

SATE DAGING PAPRIKA



Biasanya saya berbelanja bahan makanan 2 kali dalam sepekan. Kenapa ngga tiap hari ? Ini adalah salahsatu tips berbelanja dari saya. Karena bagi saya lebih hemat waktu, tenaga dan biaya. Kan ada mesin pendingin, biasanya bahan makanan masih bagus kondisinya dalam 3-4 hari. Kebiasaan saya juga kalau berbelanja suka mix and match, maksudnya saya belanja bahan makanan misalnya sayuran yang bukan hanya untuk 1 jenis makanan tapi bisa untuk beberapa jenis masakan. Misalnya saya membeli ayam, daging, udang , wortel, kol, kentang, buncis, sawi, timun karena bisa di jadiin beberapa jenis masakan. Contohnya : tumis udang , udang goreng, capcay, sup ayam , daging panggang, sambal goreng, lalapan bahkan pizza..


 Akhir pekan ini saya kebetulan melihat paprika yang terlihat segar dan harganya lebih murah dibanding biasanya. Maka saya membelinya sebanyak 2 buah ukuran sedang, 1 berwarna hijau dan satu berwarna oranye kemerahan. Rencana masing-masing setengah bagian mau buat tambahan topping pizza dan barbeque sate daging paprika.. Sekali lagi ini adalah rumus mix and match :D

Setelah sampai dirumah mulailah saya menyimpan dan mengolah bahan masakan tersebut. Cara menyimpan bahan makanan akan saya bahas pada kesempatan lain.
Jadi inilah bahan dan cara memasak sate daging paprika..

SATE DAGING PAPRIKA



Bahan :
Daging sapi  1/4 kg
Paprika merah dan hijau
Bawang merah dan kecap manis seperlunya untuk bahan perendam (marinate) 

Pelengkap :
Kentang dan atau ubi jalar
wortel , buncis 
margarine 
sedikit garam dan merica

Cara memasak :
- iris daging daging sesuai selera, bisa kotak kecil atau agak tipis memanjang
- cuci bersih lalu rendam dengan marinate irisan kasar bawang merah dan kecap manis. sisihkan.
- cuci dan potong potong paprika dengan bentuk kotak ukuran kurang lebih 1 x 1 cm (sesuaikan dengan ukuran potongan daging. sisihkan
memanggang sate di pan
- sementara itu cuci dan potong kentang, wortel dan buncis bentuk memanjang, tiriskan. Untuk kentang dan ubi, bisa digoreng atau dipanggang dulu setelah sebelumnya di beri sedikit garam dan merica. Untuk wortel dan buncis letakkan pada pan yang diberi air sedikit kemudian tutup sebentar hingga air mendidih dan mulai habis lalu tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun, aduk cepat sebentar hingga semua wortel dan buncis terlumuri lalu matikan kompor dan angkat.
-  Buat sate dengan menusukkan secara selang- seling satu potong paprika, satu potong daging lalu paprika lalu daging lalu paprika. Lakukan hingga bahan habis..

- Panaskan pan / pemanggang, lumuri dengan margarin, susun sate diatasnya. 
- Masak sambil sesekali di bolak balik dan di oles sedikit margarin hingga harum dan berwarna kecoklatan.
- Angkat, sajikan dengan pelengkap..



No comments:

Post a Comment

Budayakan komentar yang baik ya...
Komentar yang megandung unsur promo / jualan dan atau ketidaksopanan akan kami hapus.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...